Hutama Karya Olah Sampah Sisa Makanan di Rest Area Tol Trans Sumatera

Kamis, 03 Juni 2021 - 21:53 WIB
loading...
Hutama Karya Olah Sampah Sisa Makanan di Rest Area Tol Trans Sumatera
Dua orang pekerja sedang menaikkan sampah sisa makanan di sebuah rest area Jalan Tol Trans Sumatera untuk kemudian didaur ulang menjadi pupuk organik. (Foto: Dok. Humas Hutama Karya)
A A A
JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mendaur ulang sampah sisa makanan di rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Harapannya, upaya ini bisa menjadi salah satu solusi dalam mengurangi penumpukan sampah organik.

Untuk menjalankan kegiatan ini, Hutama Karya melalui Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menggandeng dua start-up lokal yakni DIOOLA Indonesia dan REXIC. Keduanya merupakan sociopreneur berbasis pengelolaan sampah dan rehabilitasi lingkungan untuk mengelola limbah sampah organik berbasis zero waste.

(Baca juga:Hutama Karya Garap Proyek EPC Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga di Jatim)

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan program binaan start-up ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengurangi dan mendaur ulang kembali penumpukan sampah organik. “Sampah tersebut yang berasal dari sampah makanan sisa yang berada di sepanjang rest area JTTS dengan memanfaatkan teknologi ramah lingkungan,” ujar Tjahjo Purnomo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/6/2021).

Program ini, kata Tjahjo, sejalan dengan arahan Kementerian BUMN untuk mendukung dan melakukan pembinaan ekonomi masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19 yang ditujukan untuk UMKM dan inkubasi start-up.

(Baca juga:Hutama Karya Optimalkan Layanan Operasional Tol Trans Sumatera)

Menurut Tjahjo, DIOOLA Indonesia dan REXIC merupakan finalis dari ajang Innovation Challenge dan Bussines Summit 2020 yang diadakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di mana Hutama Karya mendukung penuh kegiatan tersebut.

Dari 20 finalis kompetisi inovasi nasional bagi semua pelaku start-up pemula di Indonesia, Hutama Karya melirik kedua start-up tersebut untuk menjadi calon mitra binaan perusahaan. Ke depan, harapannya dapat berkolaborasi dalam berbagai program perusahaan. “Salah satunya berkaitan dengan kelangsungan bisnis yang mendukung peningkatan kelestarian lingkungan,” katanya.

(Baca juga:Jelang Idulfitri, Hutama Karya Bagikan Sembako ke Sejumlah Daerah)

Tjahjo Purnomo menjelaskan untuk tahap pertama ini, Hutama Karya telah memberikan bantuan modal usaha kepada DIOOLA Indonesia dan REXIC. Bantuan modal tersebut digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis masing-masing start-up dalam mengolah kembali sampah organik di sekitar rest area JTTS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2466 seconds (0.1#10.140)