Terpukul Pandemi, Transportasi Tetap Jadi Penopang Sektor Lain

Senin, 07 Juni 2021 - 19:48 WIB
loading...
Terpukul Pandemi, Transportasi Tetap Jadi Penopang Sektor Lain
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto/Dok Okezone/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun lalu tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan namun juga aktivitas ekonomi lainnya termasuk sektor transportasi.

Menurut dia, meski sektor transportasi terpukul selama masa pandemi Covid-19, sektor ini masih menjadi lokomotif yang menopang sektor lain untuk bergerak.

"Kegiatan di sektor logistik selama pandemi cenderung stabil bahkan meningkat karena adanya aktivitas belanja daring. Di sanalah peran sektor transportasi," ujarnya dalam webinar bertema Transportasi Untuk Kelancaran Logistik dan Kemajuan Ekonomi di Masa Pandemi, Senin (7/6/2021).



Dia menuturkan, sektor logistik yang relatif stabil selama pandemi tentu didukung oleh jaringan transportasi yang memadai dan pembangunan infrastruktur. Pasokan distribusi logistik untuk melayani masyarakat Indonesia tetap dapat dilakukan secara efisien dan efektif.

"Agar roda perekonomian nasional tetap bergulir khususnya di sektor transportasi, saya siap mendukung kebijakan pemerintah melalui berbagi program subsidi baik angkutan penumpang, angkutan logistik, dan terus mendorong revitalisasi dan pembangunan infrastruktur transportasi untuk meningkatkan produktivitas di berbagai wilayah Indonesia," bebernya.



Menhub melanjutkan, Kementerian Perhubungan juga mendorong kegiatan logistik agar produktivitasnya meningkat melalui berbagai regulasi mulai dari integrasi dan perbaikan simpul transportasi yang ada.

"Saya mendorong agar senantiasa konsisten mewujudkan konektivitas melalui simpul-simpul transportasi dan memastikan layanan angkutan logistik terus berjalan. Ini karena sektor logistik menopang banyak kebutuhan masyarakat Indonesia," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2354 seconds (0.1#10.140)