Bisakah RI Merajai Pasar Produk Halal Global? Ketika Warganya Doyan Impor

Selasa, 08 Juni 2021 - 16:09 WIB
loading...
Bisakah RI Merajai Pasar Produk Halal Global? Ketika Warganya Doyan Impor
Indonesia mempunyai peluang untuk merajai pasar produk halal global. Namun peluang yang dimiliki Indonesia akan terwujud apabila adanya kerjasama antara masyarakat dengan pengusaha. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia mempunyai peluang untuk merajai pasar produk halal global. Kepala Pusat Kajian Sains Halal IPB, Khaswar Syamsu menuturkan, peluang yang dimiliki Indonesia akan terwujud apabila adanya kerjasama antara masyarakat dengan pengusaha untuk lebih tenang dalam mengkonsumsi dan mengimpor produk-produk global daripada produk pasar sendiri.

"Kita harus mencintai produk kita sendiri agar kita setidaknya menjadi tuan rumah di negara sendiri," jelasnya dalam Market Review di IDX Channel, Selasa (8/6/2021).



Lebih lanjut Ia mengatakan, sebagai negara yang mayoritas muslim, hal tersebut menjadikan potensi yang besar jadi eksportir produk halal global.

"Kita negara yang mayoritas muslim sebenarnya punya peluang jadi eksportir produk halal . Tapi jangan dipungkiri juga kalau masyarakat kita sendiri justru impor produk halal," terang dia.



Khaswar menambahkan, dari segi harga dan kualitas harus kompetitif. Hal itu supaya produk halal Indonesia tidak kalah saing. Ia juga menyebut, makanan, minuman, busana muslim, komsetik, dan pariwista halal, merupakan produk halal yang potensial untuk dikembangkan.

Negara yang memiliki potensial market produk halal diantara Turki, Pakistan, Bangladesh, Irak, Saudi Arabia, Nigeria, Rusia, dan India.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2307 seconds (0.1#10.140)