Pemprov Banten Ajak Pelaku Usaha Garap Potensi Sektor Pertanian

Selasa, 08 Juni 2021 - 22:51 WIB
loading...
Pemprov Banten Ajak Pelaku Usaha Garap Potensi Sektor Pertanian
Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim saat menghadiri Halal Bihalal Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani) Provinsi Banten, di kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Provinsi Banten, Serang, Selasa (8/6/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Provinsi Banten memiliki potensi besar di sektor pertanian , peternakan, dan perikanan, namun belum dikembangkan optimal sehingga perlu dukungan komunitas dan pelaku usaha .

Untuk itu, Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim, mengajak komunitas masyarakat Banten untuk menciptakan suasana damai dan kondusif serta berkolaborasi mengembangkan pertanian dan membangun kemandirian pangan.



“Produk petani harus memiliki nilai tambah sehingga petani untung. Disini baru panen singkong, harganya di petani di bawah seribu per kilogram. Itu karena tidak punya nilai tambah dan akses ke pasar,” kata Wahidin saat menghadiri Halal Bihalal Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani) Provinsi Banten, di kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Provinsi Banten, Serang, Selasa (8/6/2021).

Halal Bihalal yang juga dihadiri Ketua Umum Intani Pusat Guntur Subagja Mahardika, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten M Agus Tauchid, dan Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarudin, dilaksanakan secara hybrid dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Gubernur mengapresiasi kehadiran pengurus komunitas dan organisasi masyarakat Banten. Ia mengajak mereka merawat Banten yang kondusif, aman, dan damai. “Banten damai!” tegas Wahidin Halim bersama-sama pimpinan komunitas.

Pimpinan komunitas masyarakat yang hadir adalah K.H. Sulaiman Effendi (Ketua DPW INTANI Provinsi Banten), Muhammad Hasan Gaido (Bendahara Komite Ekspor Halal DPP Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Laksamana TNI AL (Purn) Eden Gunawan, M.M,I.PM, AER. (Sekretaris Umum Perkumpulan Urang Banten/PUB), Ashok Kumar (Ketua PHRI Banten), Ir. H Ajat Sudrajat (Ketua IPSI Banten), Yang’to, S.H. M.H (Ketua Umum Perkumpulan Seni Budaya/PSB) Banten, Nana Sujana (Waketum Bidang Pariwisata Indonesia Saudi Arabia Business Council), dan Hendra Hartono (Ketua Kuwait dan Qatar Business Council).

Ketua Umum Intani Guntur Subagja Mahardika siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Banten untuk membangun kemandirian pertanian, peternakan, dan perikanan Banten. “Saat ini ada permintaan sapi untuk RPH di Jakarta dan sekitarnya semoga bisa disuplai oleh peternak Banten,” ungkap Guntur yang sudah bekerjasama dengan Pesantren di Banten beternak dan penggemukan sapi.

“Peternakan di Banten sangat bagus,” tambah Ketua Intani Banten Sulaeman Effendi. Begitu juga kebutuhan pangan lainnya cukup besar, bisa dipenuhi oleh petani Banten.

Kepala Dinas Pertanian Agus Tauchid berharap Banten menjadi pemain utama dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Banten dan Ibukota Jakarta. “Saya selaku staf Gubernur melaksanakan program-peogram pertanian yang menjadi prioritas Gubernur,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)