Berikut 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia Versi 2021

Jum'at, 11 Juni 2021 - 06:09 WIB
loading...
Berikut 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia Versi 2021
Ketika dunia terus bergulat dengan pandemi virus corona, kota metropolitan Auckland di Selandia Baru telah dinobatkan sebagai kota paling layak huni secara global oleh The Economist Intelligence Unit (EIU). Foto/Dok CNBC
A A A
AUCKLAND - Ketika dunia terus bergulat dengan pandemi virus corona , kota metropolitan Auckland di Selandia Baru telah dinobatkan sebagai kota paling layak huni secara global oleh The Economist Intelligence Unit (EIU).

Hal itu sebagian besar karena keberhasilan negara tersebut dalam penanganan Covid-19 yang memungkinkan sekolah, teater, restoran, dan atraksi budaya lainnya tetap buka selama periode survei dari 22 Februari hingga 21 Maret 2021, menurut EIU.



Selandia Baru menerapkan lockdown ketat secara nasional selama beberapa minggu pada tahun lalu untuk memperlambat penyebaran virus. Mereka juga menutup perbatasan internasionalnya untuk sebagian besar pelancong.

Kota-kota Asia-Pasifik mendominasi peringkat 10 besar tahun ini, bahkan ketika pandemi menyebabkan aktivitas di seluruh dunia menurun. 10 kota paling layak huni di dunia, dan skor mereka menurut The Global Liveability Index 2021, adalah sebagai berikut:

Auckland, Selandia Baru (96,0)
Osaka, Jepang (94,2)
Adelaide, Australia (94,0)
Wellington, Selandia Baru (93,7)
Tokyo, Jepang (93,7)
Perth, Australia (93,3)
Zurich, Swiss (92,8)
Jenewa, Swiss (92,5)
Melbourne, Australia (92,5)
Brisbane, Australia (92,4)

Indeks kelayakan menempatkan kota-kota itu berdasarkan lebih dari 30 faktor kualitatif dan kuantitatif di lima kategori, yakni: stabilitas, perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan dan infrastruktur.

Karena pandemi, EIU menambahkan indikator baru seperti stres pada sumber daya perawatan kesehatan serta pembatasan sosial pada acara-acara seperti olahraga lokal, teater, konser musik, restoran dan sekolah.

Kepala ekonom global di EIU. Simon Baptist menerangkan, dampak Covid-19 telah cukup jelas terlihat dalam peringkat. "Pengaruhnya cukup besar dalam hal ini, tentu 10 besar, tetapi juga untuk seluruh peringkat, berdasarkan situasi Covid-19," katanya kepada CNBC.

Kota-kota yang mengharuskan lockdown atau mengalami lonjakan kasus selama periode survei, membuat skor mereka berkurang pada beberapa kriteria. Kondisi ini yang menyebabkan banyak kota di Eropa turun peringkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)