PT KAI Berdayakan Aset-asetnya untuk Dongkrak Kinerja Perusahaan

Rabu, 23 Juni 2021 - 13:58 WIB
loading...
A A A
Baca juga:Khabib Kecam Mayweather vs Logan Paul Nggak Kompetitif!

Di masa pandemi Covid-19 ini, KAI melakukan upaya-upaya untuk membantu meringankan beban mitra-mitra akibat berkurangnya aktivitas stasiun dibanding sebelum pandemi sebagai strategi customer retention terhadap mitra-mitra kerja sama tersebut. Pada masa pandemi Covid-19 pula, komersialisasi nonangkutan KAI menjalin kerja sama dengan penyedia layanan rapid test antibodi, dan tes Covid-19 lainnya untuk melayani pelanggan di berbagai stasiun.

Joni mengatakan pendapatan KAI di sektor komersialisasi nonangkutan menunjukkan tren positif. Di tahun 2019, pendapatan KAI di sektor tersebut adalah Rp719,1 miliar, naik 19% dibanding pada 2018 yaitu sebesar Rp606,3 miliar. Di tahun 2020 menjadi Rp625,9 miliar dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Ke depan, KAI akan berinovasi dengan menggunakan skema kerja sama pengelolaan aset berupa profit/revenue sharing. Model bisnis tersebut menjadi alternatif selain persewaan. KAI juga akan mengembangkan komersialisasi nonangkutan berbasis teknologi informasi sehingga akan mempermudah mitra dalam bekerja sama dengan KAI.

“KAI terbuka untuk kerja sama dengan mitra dalam bisnis nonangkutan baik di wilayah stasiun, kereta/sarana, maupun area KAI lainnya. Sehingga diharapkan dengan semakin banyak mitra yang bekerja sama maka akan semakin meningkatkan perekonomian bersama,” tutup Joni.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)