Dipilih-Dipilih, Hewan Kurban yang Dijual Secara Online

loading...
Dipilih-Dipilih, Hewan Kurban yang Dijual Secara Online
Foto/AliMasduki/SINDOnews
JAKARTA - Menjelang hari raya Idul Adha tanggal 20 Juli mendatang, ternyata banyak hewan kurban yang dijual secara online atau daring. Beberapa website seperti kitabisa.com, Baznas, Globalqurban, dan Serbaqurban.id menjual beberapa jenis hewan kurban seperti kambing, domba, sapi, dan bahkan unta.

Berdasarkan hasil pantauan tim MNC Portal, untuk harga kambing online berada di kisaran Rp1,4 juta hingga Rp5 juta per ekor tergantung jenisnya. Untuk domba, kisaran harganya Rp1,9 juta hingga Rp5 juta per ekor.

Untuk kurban sapi, ada yang menawarkan 1/7 harga bagian sapi sebesar Rp1,8 juta. Sementara harga sapi per ekor pun bervariasi tergantung jenisnya, mulai dari Rp12,5 juta hingga Rp35 juta per ekor.

Baca juga:Nathalie Holscher Dikabarkan Selingkuh dengan Manajer Sule

Bahkan, tidak hanya menjual hewan secara utuh, ada beberapa situs yang menjual olahan daging kurban untuk langsung didistribusikan ke masyarakat. Misalnya rumahzakat, yang menjual daging kurban yang langsung diolah menjadi kornet dan rendang.

"Melalui program Superqurban, meski dagingnya diolah menjadi kornet dan rendang, kurban ini tetap sah hukumnya karena disembelih di saat hari raya Idul Adha dan hari Tasyrik," ujar Dewan Pengawas Syariah Rumah Zakat, Ustadz Kardita Kintabuwana dikutip dari website rumahzakat.org pada Jumat(25/6/2021).



Baca juga:Fahri Hamzah: Kebijakan Penanganan Covid-19 Masih Membingungkan

Superqurban sendiri adalah program optimalisasi kurban dengan mengolah dan mengemas daging kurban menjadi ketahanan pangan dari protein hewani dalam bentuk kornet ataupun rendang. Superqurban ini dinilai sangat tepat digunakan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19 karena kemasannya mudah didistribusikan dan tahan lama jika ingin disimpan sebagai persediaan makanan.

Adapun daftar harganya adalah sebagai berikut:

Superqurban kambing Rp2,6 juta, yang bisa dijadikan kornet sebanyak 30 kaleng atau rendang sebanyak 25 kaleng.
Superqurban 1/7 sapi Rp2,7 juta, menjadi 50 kaleng kornet atau 35 kaleng rendang.
Superqurban sapi (1 ekor) Rp18,5 juta, menjadi 350 kaleng kornet atau 235 kaleng rendang.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top