Terbongkar! Ini Alasan Jasa Marga Masuk Bisnis Internet

Selasa, 29 Juni 2021 - 10:51 WIB
loading...
Terbongkar! Ini Alasan Jasa Marga Masuk Bisnis Internet
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masuknya PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasa Marga Related Business (JMRB) yang menggeluti bisnis internet disebut mengikuti langkah sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjalankan bisnis jaringan atau internet. Adapun Jasa Marga melalui JMRB akan membangun infrastruktur jaringan fiber optik untuk data internet di Pulau Jawa.

Corporate Secretary Jasa Marga, Reza Febriano mengatakan, Jasamarga Related Business tidak masuk secara langsung pada bisnis internet seperti Internet Service Provider lainnya, namun menyediakan infrastruktur jaringan backbone fiber optic.

"PT JMRB sebagai anak usaha Perseroan berusaha memanfaatkan semua potensi yang ada, salah satunya dengan memanfaatkan infrastruktur jalan tol milik Perseroan yang merupakan infrastruktur jalan tol terpanjang di Pulau Jawa," ujar Reza dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Selasa (29/6/2021).



Reza menambahkan, penyediaan infrastruktur jaringan backbone fiber optic yang akan digunakan sebagai infrastruktur jaringan data memiliki potensi bisnis yang sangat besar kedepannya, seiring dengan banyaknya aplikasi online, mobile, internet dan teknologi lainnya. "Terlebih dengan adanya infrastruktur teknologi 5G di masa yang akan datang," kata dia.

Untuk pengembangan bisnis baru maupun besaran nilai investasi, dia menjelaskan hal tersebut saat ini masih dalam proses kajian dan penyusunan feasibility study secara internal, namun untuk implementasinya direncanakan dapat dimulai di kuartal IV Tahun 2021, atau selambatnya pada awal tahun 2022. "Saat ini PT JMRB sedang dalam proses perencanaan serta kajian detail untuk persiapan menuju tahapan implementasi," ucapnya.



Anak usaha Jasa Marga tersebut berharap bisnis ini dapat menjadi alternatif solusi layanan infrastruktur jaringan teknologi informasi bagi pelaku bisnis bidang teknologi dan tentunya menjadi sumber pendapatan baru bagi PT JMRB.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3037 seconds (0.1#10.140)