Sri Mulyani: Hubungan Kemenkeu dan BI Esensi Penting Jaga Ekonomi RI

Selasa, 26 Mei 2020 - 20:03 WIB
loading...
Sri Mulyani: Hubungan Kemenkeu dan BI Esensi Penting Jaga Ekonomi RI
Sri Mulyani menyampaikan apresiasi dan harapannya agar koordinasi BI dan Kementerian Keuangan dapat terus terjaga dan ditingkatkan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta seluruh pihak untuk terus bersinergi melawan tantangan dampak pelemahan ekonomi akibat Covid-19. Dimana pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2020 hanya tumbuh 2,97% atau turun cukup jauh dibandingkan kuartal I 2019 sebesar 5,07%.

Sri Mulyani menyampaikan apresiasi dan harapannya agar koordinasi BI dan Kementerian Keuangan dapat terus terjaga dan ditingkatkan. Sebab menurutnya, hubungan baik antara Kementerian Keuangan dan BI merupakan esensi penting untuk menjaga perekonomian Indonesia di tengah kondisi yang sulit saat ini.

“Dukungan yang paling rapat, baik saling menghormati, saling memperkaya, saling mendukung adalah esensi yang penting untuk menjaga Indonesia dalam menghadapi tantangan luar biasa,” kata Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Dia melanjutkan pihaknya akan terus melakukan komunikasi secara intens baik dengan BI dan juga seluruh steakholder untuk menjalankan kebijakan-kebijakan yang terarah dalam penanganan Covid-19.

"Kami pemerintah bersama BI memiliki peran vital untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah pademi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo juga turut mengapresiasi langkah kebijakan BI maupun Kementerian (Kemenkeu) dalam mencukupi likuiditas perbankan serta restrukturisasi. Menurutnya, kebijakan tersebut cukup tepat diterapkan ditengah pelemahan ekonomi.

“Kecukupan likuiditas repo dan terakhir restrukturisasi merupakan kebijakan untuk mendukung industri secara penuh,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)