Resmi! PT Taman Wisata Candi Akan Kelola TMII Selama 25 Tahun

Kamis, 01 Juli 2021 - 18:05 WIB
loading...
Resmi! PT Taman Wisata Candi Akan Kelola TMII Selama 25 Tahun
Pengunjung berwisata di anjungan Provinsi Sumatera Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Foto/Dok SINDOphoto/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bersama dengan PT Taman Wisata Candi (PT TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) pada hari ini telah melakukan penandatanganan kerja sama pemanfaatan (KSP). Hal tersebut sekaligus secara resmi menandai pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke depan dilakukan oleh PT TWC.

Penandatangan perjanjian KSP TMII tersebut dilakukan oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dan Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono.

Dimana hal tersebut disaksikan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo dan perwakilan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Pemilihan PT TWC sebagai Mitra KSP TMII dilakukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan. Salah satu pertimbangannya bahwa PT TWC merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pengembangan pariwisata.



Dalam perjanjian KSP tersebut ditegaskan bahwa Pengelolaan TMII oleh PT TWC sebagai mitra KSP dilaksanakan dalam jangka waktu 25 tahun terhitung sejak 1 Juli 2021. Dimana dengan kewajiban Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berupa kontribusi tetap dan kontribusi berdasarkan proporsi pembagian keuntungan yang telah disepakati. Sehingga pengelolaan TMII ke depan akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pendapatan negara.

Dengan ditandatanganinya kerja sama pemanfaatan ini, Kemensetneg mengharapkan PT TWC melakukan sinergi untuk membangun potensi TMII yang dapat menarik lebih banyak wisatawan.

Termasuk menjadikan masukan atau aspirasi masyarakat yang telah dihimpun oleh Kemensetneg sebagai salah satu dasar dalam pengembangan TMII yang lebih baik kedepannya.

“Bagaimana kita bisa mengembalikan keindahan kebhinekaan Indonesia, kekayaan kebudayaan Indonesia, dan keindahan alamnya Indonesia melalui Taman Mini Indonesia Indah sebagai The Ultimate Showcase of Indonesia,” kata Pratikno, Kamis (1/7/2021).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.0040 seconds (0.1#10.140)