Gandeng Mahasiswa, Sandiaga Uno Inginkan Lulusan Terbaik Ikut Bangun Parekraf Nasional

Rabu, 07 Juli 2021 - 17:57 WIB
loading...
Gandeng Mahasiswa, Sandiaga Uno Inginkan Lulusan Terbaik Ikut Bangun Parekraf Nasional
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno . Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa. Kalimat itu dipegang teguh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pembangunan bangsa. Termasuk upaya pemulihan sektor parekraf yang terdisrupsi pandemi covid-19.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) diakuinya menjadi fokus utama pihaknya, bersamaan dengan pembangunan infrastruktur pariwisata nasional.Karena itu, mahasiswa diakuinya selalu dilibatkan dalam setiap program Kemenparekraf yang dipimpinnya saat ini.



Hal tersebut lantang disampaikan Sandiaga Unodalam diskusi bersama mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) secara virtual pada Rabu (7/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menegaskan peran penting mahasiswa dalam pemulihan sektor parekraf nasional. Mahasiswa katanya menjadi kunci utama dalam mewujudkan visi lembaganya untuk menciptakan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

"Walaupun kita membangun pariwisata secara infrastruktur, tetapi juga SDM-nya juga harus kita tingkatkan. Kenapa saya terus fokus bersama-sama mahasiswa? karena saya ingin meningkatkan SDM kita agar lebih mumpuni, dari sisi hospitality," ungkap Sandiaga Uno.

"Kita ingin SDM-SDM terbaik kita yang juga didik oleh Kemenparekraf stay (tetap bekerja) di Indonesia, karena sebagian dari lulusan terbaik kita sudah diminta oleh Karibia, Dubai, Eropa, jadi SDM-nya juga kita tingkatkan," jelasnya.

Penciptaan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan pun dipaparkannya meliputi pariwisata halal nasional. Terkait hal tersebut, lanjutnya, terdapat tiga aspek utama yang harus dipenuhi, yaitu need to have (harus untuk dimiliki), good to have (baik untuk dimiliki) dan nice to have (senang untuk dimiliki).

Aspek need to have tersebut dibuktikannya lewat peresmian pembangunan sebuah musalah di Pantai Lampuuk, Aceh pada beberapa waktu lalu. Keberadaan musalah dalam pariwisata halal katanya sangat penting.

Sehingga wisatawan muslim yang berkunjung ke Pantai Lampuuk tak hanya menikmati keindahan alam, tetapi juga tetap dapat beribadah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)