Menko Airlangga Sebut 7 Provinsi Ini Siap Jalankan New Normal

Rabu, 27 Mei 2020 - 15:25 WIB
loading...
Menko Airlangga Sebut 7 Provinsi Ini Siap Jalankan New Normal
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan ada tujuh provinsi yang dinilai siap menerapkan new normal mulai 4 Juni 2020. Foto/Dok. SINDONews
A A A
JAKARTA - Pemerintah tengah menyiapkan skema kenormalan baru (new normal) dalam rangka memulihkan perekonomian Indonesia. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, ada tujuh provinsi yang dinilai sudah siap menjalankan new normal setelah 4 Juni atau pekan depan.

"Berdasarkan data dari Bappenas, beberapa daerah sudah terindikasi siap yaitu, Aceh, Riau, Kaltara, Maluku, Jambi, DKI, sesudah tanggal 4 Juni nanti. Kemudian, juga Jabar, ada beberapa daerah. Jabar PSBB-nya sampai 29 Mei," ujar Airlangga di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

(Baca Juga: Ini Skenario Penerapan New Normal di Jawa Tengah)

Dia mengungkapkan, berdasarkan data dari BNPB, ada 110 kabupaten/kota yang belum terkena Covid-19. Adapun 110 daerah ini juga diharapkan bisa bersiap menerapkan new normal. "Tentunya daerah-daerah ini yang masuk di dalam daerah hijau dan tentunya ini bisa dipersiapkan untuk kegiatan normal baru," katanya.

Dia melanjutkan, beberapa sektor sedang mempersiapkan standar prosedur operasional (SOP) untuk skenario new normal ini agar dapat kembali beroperasi. Salah satunya sektor industri telah menerima arahan yang sesuai dengan protokol Satuan Tugas Covid-19.

"Di sektor lain, baik itu pendidikan, restoran, akomodasi, kegiatan ibadah, dan transportasi. Kami akan mempelajari ini secara menyeluruh dan Presiden akan memutuskan," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)