Dampak PPKM, BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi hanya 3,8% di 2021

Senin, 12 Juli 2021 - 15:18 WIB
loading...
Dampak PPKM, BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi hanya 3,8% di 2021
Pertumbuhan ekonomi tahun ini diprediksi sekitar 3,8% akibat PPKM yang kembali harus diterapkan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diakui bakal menekan angka pertumbuhan ekonomi pada tahun ini. Berdasarkan hasil assesment awal Bank Indonesia (BI), adanya PPKM Darurat membuat pertumbuhan ekonomi tahun ini berkisar di 3,8%.



"Assestment awal kami menunjukkan kalau PPKM darurat ini kita lakukan selama 1 bulan dan berhasil menurunkan Covid-19 secara secara baik, itu membuat pertumbuhan ekonomi kita akan turun menjadi sekitar 3,8%," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers secara virtual, Senin (12/7/2021).

Perry mengakui, proyeksi tersebut lebih rendah dibandingkan perkiraan BI sebelumnya yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan bergerak pada rentang 4,1% hingga 5,1% dengan titik tengah 4,6% pada tahun ini.

Perry menambahkan, ada sejumlah hal yang juga perlu diwaspadai akibat PPKM Darurat. Di antaranya adalah menurunnya angka investasi global dan penurunan konsumsi masyarakat akibat turunnya mobilitas.



"Langkah-langkah untuk mengantisipasi dan juga memitigasi dampak dari PPKM Darurat terhadap mobilitas manusia dan juga dampaknya terhadap konsumsi itu terus kita lakukan. Kita juga perlu lakukan antisipasi lebih lanjut," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2750 seconds (0.1#10.140)