Saat 'Promosi' Keunggulan Jabar, Kang Emil: Patimban Akan Lebih Canggih dari Priok

Selasa, 13 Juli 2021 - 16:20 WIB
loading...
Saat Promosi Keunggulan Jabar, Kang Emil: Patimban Akan Lebih Canggih dari Priok
Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Jawa Barat menjadi tuan rumah dari 60% industri se-Indonesia. Dia juga menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Jawa Barat menjadi destinasi investasi nomor hiji alias nomor satu.

"Dalam beberapa tahun terakhir kita menjadi destinasi investasi no. 1 dengan nilai USD25,5 juta pada kuartal I-2021," kata Kang Emil, sapaan mahsyurnya, dalam acara Investor Daily Summit 2021, Selasa (13/7/2021).

Baca juga:Praka Izroi Paspampres yang Bersitegang di Pos PPKM Jakbar, Berikut Jenjang Pangkat di TNI

Dengan bangga, Ridwan Kamil mengatakan infrastruktur logistik Jawa Barat dianggap lebih baik. Selain itu didorong juga oleh sumber daya manusia (SDM) yang produktif.

Keunggulan lain yang dibawa Jawa Barat adalah hadirnya Pelabuhan Patimban yang diklaim lebih baik dari Tanjung Priok. "Kalau pelabuhan jadi 100%, ini jadi pelabuhan terbesar dan tercanggih di seluruh Indonesia karena di masa depan kapasitasnya dua kali lipat dari pada Tanjung Priok," katanya.

Tak sampai di situ, Ridwan Kamil mengatakan suatu hari Jawa Barat akan menjadi kota futuristik Indonesia.
Disisi lain, Bandara Kertajati untuk penumpang memang belum maksimal, karena jalan untuk penghubung baru akan rampung akhir tahun ini. Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat, dapat diresmikan pada Desember tahun ini.

"Jalan tol yang sedang dalam tahap konstruksi dan akan segera selesai tahun ini antara lain Tol Cisumdawu sepanjang 60,1 Km yang memperlancar akses menuju Bandara Kertajati dan insya Allah dengan dukungan pemerintah Jawa Barat ditargetkan bisa diresmikan pada Desember 2021," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya yang disampaikan oleh Widyaiswara Ahli Utama Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga.

Baca juga:Tak Bisa Besuk Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, Marshanda Kirim Doa

Sebelumnya, memang Kementerian PUPR menyatakan terus mendorong penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu tuntas akhir tahun ini. Menteri Basuki meminta seluruh pihak terus berkoordinasi dan berupaya keras untuk mempercepat pembebasan lahan, sehingga penyelesaian Tol Cisumdawu sesuai target akhir 2021.

Jalan tol Cisumdawu akan terhubung dengan jalan tol akses Bandara Kertajati untuk mendukung fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)