Stok Beras Aman, Masyarakat Tak Perlu Khawatir

Rabu, 14 Juli 2021 - 16:03 WIB
loading...
Stok Beras Aman, Masyarakat Tak Perlu Khawatir
Ketersediaan beras nasional hingga akhir 2021 diyakini aman dan bahkan mengalami surplus. Masyarakat diimbau tidak khawatir apalagi panik. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Stok beras nasional hingga akhir 2021 diyakini aman dan bahkan mengalami surplus. Masyarakat diimbau tidak khawatir apalagi panik.

"Kami optimistis atas kerja Kementerian Pertanian (Kementan), yang bekerja sangat keras dalam kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini. Kita tidak akan kekurangan beras," kata Anggota Komisi IV DPR RI Charles Meikyansah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/7/2021).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Ditjen Tanaman Pangan, neraca musim tanam (MT) II tahun 2021 menunjukkan surplus beras nasional pas awal Juli sebesar 10,29 juta ton. "Dengan produksi beras hingga akhir Desember yang ditargetkan mencapai 14,25 juta ton dan konsumsi rakyat Indonesia sebesar 14,91 juta ton, maka ketersedian beras nasional hingga akhir Desember 2021 kembali mengalami surplus, yakni sebesar 9,63 juta ton," ungkap Kapoksi Komisi IV Fraksi Partai NasDem itu.

Legislator Dapil Jawa Timur IV ini menambahkan, dengan kondisi ketersediaan beras nasional seperti itu tentu harga beras di pasaran juga relatif stabil. “Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, apalagi sampai panik di masa pandemi Covid-19 dan PPKM ini. Ketersediaan beras dalam kondisi aman dan harga pun cenderung stabil ," tandas Charles.

Charles pun mengapresiasi kinerja Kementan. Termasuk Bulog, yang di masa pandemi Covid-19 ini terus memantau pendistribusian dan harga beras secara nasional di pasaran.

"Berkat jaringan distribusi yang sudah terbangun baik, harga beras tidak mengalami gejolak yang berarti," pungkasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)