Pandemi Bikin Aset Keuangan Syariah Malas Beranjak

Kamis, 15 Juli 2021 - 12:31 WIB
loading...
Pandemi Bikin Aset Keuangan Syariah Malas Beranjak
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pandemi Covid-19 yang terjadi telah memengaruhi perkembangan pasar modal. Terutama, pasar modal syariah .

"Global Islamic Economic Report 2020 mengungkapkan, terjadi stagnasi pada perkembangan aset keuangan syariah di tahun 2020," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (15/7/2021).

Baca juga:Kapal Mata-mata Canggih China Intai Latihan Perang Gabungan Australia-AS

Dia merinci, aset sukuk korporasi dan reksa dana syariah pun masih rendah. Pada tanggal 25 Juni, posisi outstanding sukuk korporasi hanya mencapai Rp32,54 triliun dengan market share sebesar 7,44%.

Begitu pula dengan reksa dana syariah yang nilai nominalnya Rp39,75 triliun dengan market share sekitar 7,28%. Stagnasi itu dipengaruhi kontraksi ekonomi yang terjadi.

"Tahun lalu semua negara mengalami kontraksi yang sangat dalam, Indonesia mengalami hal sama meskipun dengan seluruh kebijakan policy respons yang didesain untuk menimimalkan dampak yang luar biasa dari pandemi," katanya.

Baca juga:Kasus Covid-19 Melonjak, Sejumlah Artis Ini Tergerak Lakukan Donasi

APBN sebagai instrumen fiskal melakukan fungsi countercyclical dan stabilisasi bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) sebagai pengelola moneter dan OJK sebagai regulator sektor keuangan. Tujuannya menjaga stabilitas ekonomi Indonesia dan meminimalkan dampak dari pandemi terhadap dunia usaha dan masyarakat.

"Pemuliham ekonomi suatu upaya bersama dari kondisi pandemi yang memang masih terus berlangsung," katanya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5204 seconds (0.1#10.140)