Konsisten Terapkan AKHLAK, Pupuk Indonesia Sabet Penghargaan Khusus BUMN

Kamis, 15 Juli 2021 - 18:20 WIB
loading...
Konsisten Terapkan AKHLAK, Pupuk Indonesia Sabet Penghargaan Khusus BUMN
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan khusus BUMN sebagai Role Model Integrasi Roadmap Holding-Anak Perusahaan dalam ajang AKHLAK Award 2021 yang diselenggarakan oleh ACT Consulting secara virtual di Jakarta, Kamis (15/7).

Penghargaan diterima oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman dan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Selain itu juga hadir tiga Menteri BUMN terdahulu, yaitu Tanri Abeng, Mustafa Abubakar, dan Dahlan Iskan.

Selain Pupuk Indonesia, dua anak perusahaannya juga menerima penghargaan. Mereka adalah PT Petrokimia Gresik yang berhasil meraih Runner Up Indeks Implementasi Adaptif dan PT Pupuk Kalimantan Timur yang menjadi juara untuk Indeks Implementasi Adaptif Terbaik kategori Anak Perusahaan BUMN.

Baca juga:Amiril Mukminin, Eks Sespri Edhy Prabowo Divonis 4,5 Tahun Penjara

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa perusahaan BUMN saat ini membutuhkan transformasi yang menyeluruh. Tidak hanya model bisnis dan operasional, tapi juga transformasi human capital. Saat ini keluarga besar BUMN telah disatukan oleh misi yang sama, yaitu “BUMN Untuk Indonesia” dengan nilai atau core values yang sama, yaitu AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

“Misi dan nilai-nilai tersebut adalah bagian dari transformasi menyeluruh, menjadi arah dan bagian dari kebijakan BUMN untuk naik kelas dan berkompetisi secara global,” ujar Erick.

Sementara itu, Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman menyebutkan bahwa penghargaan ini diberikan berkat kemampuan perusahaan dalam mengintegrasikan action plan antara holding dan anak perusahaannya. Pupuk Indonesia juga dinilai berhasil dalam memonitor, mengevaluasi, dan menyusun roadmap integrasi holding dengan tetap mempertimbangkan karakteristik dari setiap anak usahanya yang berjumlah sepuluh perusahaan.

“Insya Allah penghargaan ini menjadi penambah semangat bagi kami untuk lebih baik lagi dalam menerapkan nilai-nilai AKHLAK di Pupuk Indonesia Group,” ujarnya.

Sejak diluncurkannya AKHLAK, lanjut Bakir, Pupuk Indonesia dengan cepat mengimplementasikan hingga ke anak-anak perusahaan. Langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan pengukuran AKHLAK Internalization Index.

Baca juga:Atlet Biliar Tetap Dukung PPKM Darurat Meski Gagal Ikut Turnamen

Selain itu, Pupuk Indonesia juga menyelaraskan core value AKHLAK ke dalam core kompetensi perusahaan dan menjadikannya sebagai salah satu penilaian KPI individu dan unit kerja, hingga pada proses rekrutmen dan asesmen promosi karyawan.

“Kami juga selenggarakan program internalisasi, seperti webinar, workshop, pembentukan change leader, change champion, serta change fertilizer di setiap unit kerja, kuis, lomba video, rapat monitoring, dan sebagainya,” jelas Bakir.

Pemberian penghargaan ini berdasarkan hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK yang telah dilakukan oleh ACT Consulting. Riset dilakukan secara daring pada periode September 2020 hingga Juli 2021 terhadap 62 perusahaan BUMN dan anak perusahannya.

Lihat Juga: 6 Jenis Menu yang Baiknya Jangan Dikonsumsi saat Sahur
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)