Menkominfo Tekankan Solidaritas di Masa PPKM Level 4

Sabtu, 24 Juli 2021 - 10:00 WIB
loading...
Menkominfo Tekankan Solidaritas di Masa PPKM Level 4
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah memperpanjang masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 25 Juli 2021. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengakui, dalam setiap kebijakan yang diambil pemerintah, selalu ada tantangan dalam implementasi kebijakan di lapangan.

Untuk itu, aparat diinstruksikan untuk mendisiplinkan masyarakat agar selalu menjaga protokol kesehatan dan membatasi kegiatan selama PPKM Level 4. Namun, dalam menertibkan masyarakat, Menkominfo meminta agar aparat menjaga keramahan.

Baca juga:Pernah Disebut Istri Durhaka, Della Puspita Langsung Istighfar

“Kerja sama dalam implementasi itu yang penting. Masyarakat dan aparat sama-sama tertib. Aparat tetap menjaga keramahan kepada masyarakat. Kita butuh suasana batin yang kuat, bukan saling menyalahkan. Kita harus bangun soliditas kita sebagai bangsa. Kita perlu bertemu di satu titik yang membangun solidaritas yang kuat untuk menghadapi bahaya Covid-19,” tegasnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (23/7/2021).

Menurut Johnny, penularan Covid-19 sejauh ini disebabkan karena masyarakat belum disiplin menjalankan protokol kesehatan. Ia pun mengakui pemerintah juga memiliki kekurangan dalam penanganan Covid-19.

Untuk itu, kata Johnny, pemerintah membutuhkan banyak saran dan rekomendasi dari seluruh pihak agar kebijakan yang dijalankan dapat efektif. Ia juga mengimbau agar kelompok-kelompok tertentu tidak menyebarkan diksi yang membingungkan masyarakat.

“Jangan sampai terjebak dalam diksi yang membingungkan masyarakat. Kalau kita menebar ketakutan efeknya kita akan melemahkan semangat kita. Pemerintah pasti mendengar pendapat, koreksi, saran. Tapi sebaiknya tidak hanya kritik yang disampaikan tapi juga saran dan rekomendasi perbaikan,” tandas Johnny.

Baca juga:Kasus Surat Swab PCR Palsu di Bandara Halim, Satu Tersangka Oknum Pegawai Maskapai

Ia pun menyatakan, bahwa dalam perpanjangan masa PPKM Level 4, juga diiringi dengan pemberian insentif kepada masyarakat dalam bentuk bantuan sosial.

“Pemerintah selalu mengutamakan kesehatan masyarakat. PPKM harus kita perpanjang dan akan ada insentif fiskal kepada masyarakat yang terdampak secara langsung melalui perlindungan sosial atau bantuan sosial. Ibu Mensos (Tri Rismaharini) sudah siapkan semuanya (bansos),” pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)