Kebutuhan Hunian Milenial Besar, Lippo Pacu Segmen Rumah Tapak

Rabu, 28 Juli 2021 - 20:45 WIB
loading...
Kebutuhan Hunian Milenial Besar, Lippo Pacu Segmen Rumah Tapak
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Besarnya populasi muda khususnya segmen milenial di Indonesia menjadi incaran para pengembang properti seiring kebutuhan mereka akan hunian yang layak dan terjangkau.

Menurut riset Rumah.com Indonesia Properti Market Index, rumah tapak atau landed house merupakan jenis produk properti yang kian digemari saat situasi pandemi Covid-19 dengan kenaikan mencapai 0,6% per kuartal.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, sejak tahun lalu angka indeks landed house mencatatkan nilai kenaikan per-kuartal yang cukup solid di angka 0,5%, 1,62%, dan 1,37% sehingga membuat segmen rumah tapak menjadi penopang untuk kenaikan sektor properti pada tahun ini.

Menurut dia, sentimen positif untuk segmen landed house ini juga tidak terlepas dari berbagai regulasi maupun stimulus pemerintah seperti tren penurunan suku bunga, pelonggaran loan to value (LTV) hingga 100% untuk rumah pertama, maupun pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk unit hunian ready stock dengan harga di bawah Rp2 miliar.



CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda menyebut salah satu pengembang yang jeli membaca tren ini adalah Lippo Karawaci. “Strategi Lippo dengan meluncurkan produk Cendana Series di Karawaci, Waterfront di Cikarang, maupun Holland Village Manado yang semuanya menawarkan rumah dengan harga terjangkau ini merupakan langkah jitu dengan menyasar segmen yang sangat besar khususnya untuk kebutuhan hunian kalangan milenial,” ujarnya, Rabu (28/7/2021).

CEO Lippo Karawaci, John Riady menyatakan bahwa potensi pasar yang besar khususnya dari segmen milenial ini telah disadari jauh sebelum pandemi. Hal ini dikarenakan tingginya kebutuhan hunian khususnya dari kalangan muda dan Indonesia merupakan negara dengan populasi kalangan muda terbesar.

Dia menilai, populasi kalangan muda yang besar ini menjadi jaminan kebutuhan hunian yang akan terus meningkat hingga dekade mendatang. "Kalau bicara Jakarta saja, tingkat kepemilikan rumahnya masih di bawah 50%. Hal ini menjadi jaminan pasar yang besar. Inilah yang merupakan real demand yaitu kalangan first time home buyer yang mencapai 80%, maka dari itu segmen inilah yang terus kami supply,” tuturnya.



Dia menambahkan, segmen rumah tapak di Lippo Karawaci maupun Lippo Cikarang yang dihadirkan dalam setiap launching rata-rata sebanyak 400-500 unit. Hal ini meningkatkan pertumbuhan dan laba yang positif sepanjang tahun 2021. Produk yang terserap dalam setiap launching rata-rata mencapai di atas 85% dengan peningkatan harga 10%-13% dibandingkan produk sejenis yang diluncurkan di tahun 2020.

Mengawali tahun 2021, Lippo Karawaci berhasil membukukan pendapatan penjualan Rp3,41 triliun pada Kuartal I/2021 atau naik 9,89% dibanding periode yang sama tahun lalu. CLSA Sekuritas memperkirakan, Lippo Karawaci bisa meraih target marketing sales tahun ini hingga Rp3,5-Rp4 triliun dari pencapaian tahun lalu sebesar Rp2,67 triliun.

“Kami yakin tren peningkatan penjualan ini akan terus naik secara fundamental dari segmen first time home buyer yang sangat besar. Hal ini juga menguatkan berbagai rencana bisnis yang kami targetkan dengan proyeksi pertumbuhan penjualan mencapai 30% di tahun ini,” pungkas John.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)