Bantuan Kuota Internet Diperpanjang hingga Akhir 2021, Rp8,54 Triliun Disiapkan

Jum'at, 30 Juli 2021 - 07:10 WIB
loading...
Bantuan Kuota Internet Diperpanjang hingga Akhir 2021, Rp8,54 Triliun Disiapkan
Salah satu upaya mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring, pemerintah memperpanjang bantuan kuota internet hingga akhir tahun 2021. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Salah satu upaya mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring, pemerintah memperpanjang bantuan kuota internet hingga akhir tahun 2021. Alokasi anggaran yang disiapkan pun ditambah dari Rp3 triliun menjadi Rp8,54 triliun.



Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menerangkan, PJJ secara daring bukanlah hal yang mudah, tapi harus dilakukan di tengah pandemi ini. Hal ini dapat terselenggara karena Pemerintah menyediakan akses internet berkecepatan tinggi melalui proyek Palapa Ring .

"Ayo seluruh pelajar, mahasiswa, dan para pengajar, tetap semangat belajar! Jangan pernah lelah berikhtiar untuk memajukan masa depan generasi penerus Indonesia," tulis Menkeu memberikan semangat seperti dikutip dari laman resmi Instagram @smindrawati.

"Jangan lupa untuk selalu berdoa dan menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasmu," sambungnya.

Lewat video yang diposting menerangkan, kebutuhan internet cepat menjadi krusial dalam aktivitas belajar di rumah. Lantaran itu pemerintah hadir dengan Palapa Ring.

Sebuah proyek strategis pemerintah untuk membangun jaringan tulang punggung serat optik yang mempersatukan jaringan telekomunikasi puluhan ribu pulau di seluruh Indonesia. Dimana implementasinya difokuskan salah satunya pada bidang pendidikan.



Proyek ini dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Palapa Ring juga disebut sebagai #tollangit, menyatukan nusantara melalui akses telekomunikasi dan internet.

Menggunakan kabel serat optik sepanjang kurang lebih 36.000 km untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi untuk daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Nantinya diharapkan kecepatan internet antara kota-kota besar dan pendalaman semakin mengecil.

Ditambah serta dapat mendukung pertumbuhan dan pemerataan sosial ekonomi di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga generasi muda dapat bersaing dan turut memajukan negeri.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)