OTG Bisa Isoman di Kapal, Pelni Siapkan Ruang untuk 785 Pasien

Senin, 02 Agustus 2021 - 18:52 WIB
loading...
OTG Bisa Isoman di Kapal, Pelni Siapkan Ruang untuk 785 Pasien
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) bersama dengan Pemerintah Kota Makassar pada hari ini meresmikan penggunaan Kapal Motor Umsini sebagai lokasi isolasi apung terpadu skala kota di Makassar, Sulawesi Selatan.

Direktur Usaha PT Pelni Indonesia O.M. Sodikin mengatakan, KM Umsini disiapkan menjadi tempat isolasi terapung bagi 785 pasien Covid-19 gejala ringan dan orang tanpa gejala alias OTG.

"Hal ini merupakan bentuk perwujudan kolaborasi Pelni sebagai BUMN bersama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam memerangi Covid-19 di Indonesia," kata Sodikin melalui pernyataan tertulis yang diterima MPI, Senin (2/8/2021).



Disamping itu, Sodikin menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan sehingga KM Umsini dapat dipergunakan untuk mendukung program Makassar Recover yang dicanangkan Pemerintah Kota Makassar.

“Beberapa fasilitas penunjang di kapal juga telah dipersiapkan guna mendukung pelaksanaan isolasi mandiri, seperti penyediaan kamera pengawas (CCTV) pada 31 titik di atas KM Umsini, poliklinik, jogging track. Top decksebagai ruang terbuka di atas kapal juga dapat dimanfaatkan oleh pasien isolasi mandiri sebagai lokasi untuk berolahraga maupun berjemur,” paparnya.

Sebagai informasi, tiap-tiap bed antar pasien isolasi mandiri atau isoman telah diberikan sekat recovery capsule dan terbagi atas empat deck dengan pemisahan berdasarkan jenis kelamin.



“Sementara, untuk tenaga medis telah dipersiapkan sebanyak 64 tempat tidur dengan lokasi yang terpisah dari deck pasien isolasi mandiri. Jumlah tersebut sesuai dengan kebijakan 50% dari kapasitas kapal sehingga protokol kesehatan di atas kapal tetap terlaksana,” ujarnya.

Dengan drmikian, pihaknya berharap dengan fasilitas yang disediakan dapat mendukung percepatan proses penyembuhan pasien yang melakukan isolasi di atas kapal Pelni.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)