Jelang Alih Kelola Blok Rokan, PHR Tegaskan Kesiapan pada Gubernur Riau

Rabu, 04 Agustus 2021 - 09:25 WIB
loading...
Jelang Alih Kelola Blok Rokan, PHR Tegaskan Kesiapan pada Gubernur Riau
Pertemuan manajemen PHR dengan Gubernur Riau Syamsuar awal pekan ini. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Jaffee A Suardin awal pekan ini menemui Gubernur Riau Syamsuar untuk menyampaikan kesiapan perusahaan untuk alih kelola operasional Blok Rokan.

PHR akan mengambil alih pengelolaan Blok Rokan mulai 9 Agustus 2021 dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). Blok Rokan yang memiliki luas 6.453 km2 ini tercatat menghasilkan sekitar 165.000 barel minyak per hari atau sekira 24% produksi minyak nasional.



Dalam kesempatan tersebut, Jaffe juga melaporkan bahwa untuk meningkatkan produksi pasca-alih kelola, PHR menargetkan mengebor sebanyak 161 sumur baru pada periode Agustus-Desember 2021. Jaffee menegaskan, PHR siap untuk masuk dan mengelola Blok Rokan. Sejumlah persiapan transisi sudah dilakukan, termasuk terkait dengan pekerja PT CPI yang menjadi pekerja PT PHR.

"Sebanyak 2.691 pekerja CPI telah setuju untuk bergabung dengan PHR. Jadi nanti operasional Blok Rokan akan dikerjakan oleh tim lama juga. Kemudian untuk kontrak kerja kami juga sudah lakukan mirrorring dengan CPI dan sudah mencapai 100%," kata Jaffee dalam keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021).

Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi kehadiran Direktur PHR. Dia berharap proses alih kelola Blok Rokan dari CPI ke PHR bisa berjalan dengan mulus. "Selamat kepada PHR. Harapan kami semoga alih kelola ini berjalan dengan lancar, pekerjaan di Blok Rokan terus berlangsung dan produksinya juga terus meningkat," kata Syamsuar.



Dia juga berharap kehadiran PHR di Blok Rokan berdampak baik bagi kesejahteraan masyarakat Riau. "Kami juga sudah menyiapkan BUMD untuk berpatisipasi dalam pengelolaan participating interest (PI) ini, yang tentunya kita harapkan bisa berimbas baik untuk pembangunan di Riau dan kesejahteraan masyarakat Riau," kata Syamsuar.

Seremoni alih kelola Blok Rokan dari CPI ke PHR akan dilakukan saat peralihan hari dari tanggal 8 ke 9 Agustus 2021. Kegiatan tersebut akan dilakukan secara daring (online) dengan mengundang Forkopimda Provinsi Riau dan 7 kepala daerah wilayah kerja Blok Rokan.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)