Tambah Pangsa Pasar, PIS Kerja Sama Sewa Kapal dengan Petco

Kamis, 12 Agustus 2021 - 10:31 WIB
loading...
Tambah Pangsa Pasar, PIS Kerja Sama Sewa Kapal dengan Petco
Kapal MT Sanggau di Tanjung Pelepas, Malaysia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) melalui anak usahanya di Singapura, Pertamina International Shipping Pte Ltd (PISPL), meningkatkan pangsa pasarnya di Petronas group. Hal itu dicapai dengan bertambahnya kapal yang disewakan kepada anak usaha Petronas group, yaitu Petco Trading Labuan Company Limited (PTLCL) secara time charter melalui kapal MT Sanggau.

Sebelumnya, kapal MT Erawan 10 yang dikendalikan oleh PISPL juga berhasil dikomersialisasikan ke PTLCL secara time charter, serta kapal-kapal lain yang disewakan secara voyage charter ke PTLCL.



PTLC atau Petco merupakan global trading arm Petronas yang fokus bisnisnya adalah untuk niaga komoditi minyak mentah, produk kilang, dan gas. Saat ini Petco juga mengendalikan bisnis logistics and chartering untuk supply ke terminal coastal Malaysia yang dikendalikan di bawah group Petronas di antaranya Kertih, Pengerang, Melaka, dan Sepangar Bay di Sabah, Malaysia.

Petco juga berperan aktif di dalam trading minyak mentah, produk kilang, dan gas ke pihak ketiga penerima di Asia dan Eropa serta mengendalikan bisnis fuel oil di laut mediterania.

"Kami akan terus berekspansi dan mencari peluang-peluang kerja sama baru dalam rangka memperluas pasar di global market," ujar Corporate Secretary PIS Arief Sukmara, Kamis (12/8/2021).

Arief mengatakan, keberhasilan ini merupakan suatu kebanggaan bagi PIS dan Pertamina. Kapal MT Sanggau sebagai salah satu aset Pertamina Group terbukti mampu berlayar di perairan internasional dan disewa oleh perusahaan bereputasi internasional.

Kapal MT Sanggau merupakan kapal berjenis Dirty Petroleum Product (DPP) ukuran Medium Range (MR) Tanker dengan bobot mati 40,648 MT yang dibangun pada tahun 2016. Kapal berbendera Indonesia ini dikelola sendiri oleh PT PIS dimana seluruh awak kapal adalah kru berkebangsaan Indonesia di bawah komando Capt. Steven Octavianus.



Kapal MT SANGGAU telah beberapa kali mendapat kepercayaan untuk disewa oleh international Charterer diantaranya dengan Karpowership, Freepoint Commodities, Posco International Corporation, dan Vitol Asia untuk angkutan fuel oil / dpp dari Cilacap ke Tg Pelepas Malaysia dan dari Singapore ke Chittagong, Bangladesh.

Sebelum disewakan ke Petco, kapal MT Sanggau melayani voyage charter untuk Petco dengan tujuan untuk mengetahui kinerja kapal secara keseluruhan. Voyage charter dilakukan dengan rute loading port di Kertih dan discharge port di Melaka dan Singapura untuk angkutan Low Sulphur Waxy Residue (LSWR) Fuel Oil sebesar 18,415 kiloliter (KL) dan High Sulphur Fuel Oil (HSFO) sebesar 15,862 KL.

"Intinya, kerja sama ini merupakan bentuk pengakuan international customer terhadap kualitas layanan PIS," tandas Arief.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2678 seconds (0.1#10.140)