Kapal Pelni Dipakai Buat Tempat Isolasi Terapung, Menhub: Ter-nya Ada Dua di Luar Jawa

Kamis, 12 Agustus 2021 - 12:15 WIB
loading...
Kapal Pelni Dipakai Buat Tempat Isolasi Terapung, Menhub: Ter-nya Ada Dua di Luar Jawa
Menhub Budi Karya Sumadi meneken Kerjasama Penyelenggaraan Kapal Sebagai Tempat Isolasi terpusat terapung dengan Pemerintah Daerah menggandeng PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meneken Kerjasama Penyelenggaraan Kapal Sebagai Tempat Isolasi terpusat terapung dengan Pemerintah Daerah menggandeng PT. Pelayaran Nasional Indonesia ( Pelni ).

"Kita harus melihat bahwa secara intensif melakukan koordinasi, dari apa yang diidentifikasi bahwa di luar jawa ada kecenderungan berkembang kasus covid lebih cepat, maka kita wajib melakukan itu (pengadaan isoter) dan menyediakan ruang isolasi terpusat dan terapung jadi ter-nya ada dua," kata Menteri melalui konferensi virtual, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga: Angka Kematian Covid-19 Masih Tinggi, Isolasi Mandiri Digeser ke Isolasi Terpusat

Lebih lanjut Menhub Budi menyampaikan, adapun kerja sama tersebut dilakukan bersama pemerintah bersama pemerintah daerah dan kota di Kota Bitung, Kota Minahasa Utara, Kota Medan, Kota Sorong dan Kota Jayapura.

"Saya melihat potensi kapal pelni yang semula memberi banyak sekali memberikan layanan dari satu tempat ke tempat lain, oleh karena itu wali kota, pemerintah tidak boleh ragu untuk membantu dan menyukseskan isoter terapung. Kami akan fasilitasi," ujarnya.

Baca Juga: Airlangga: Pemerintah Siapkan Gedung dan Kapal Pelni untuk Isolasi Terpusat

Disamping itu, dirinya memaparkan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) sudah diaplikasikan melalui Kapal Umsini sebagai tempat isolasi apung pertama bagi pasien Covid-19 di Makassar. "Saya yakin ini bisa jadi solusi dan presiden sudah saya laporkan, saya yakin mendukung adanya isoter terapung ini oleh karena nya wali kota ini adalah langkah untuk menangani kasus Covid-19," paparnya.

Dengan demikian pemerintah melalui Kemenhub akan segera merealisasikannya bersama PT.Pelni untuk menyediakan berbagai dukungan untuk menunjang program kerja sama ini. "Pemerintah akan terus membantu dari segi kapal, fasilitas kesehatan,makanan, obat, dan kemarin sudah kita bahas tinggal bisa dilakukan dengan baik,"pungkasnya.
(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1933 seconds (11.252#12.26)