Akhir Pekan, IHSG Diprediksi Menguat Terbatas

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 07:43 WIB
loading...
Akhir Pekan, IHSG Diprediksi Menguat Terbatas
IHSG diprediksi menguat terbatas. Foto/Dok SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini berpotensi mengalami penguatan meski terbatas. Indeks diperkirakan bergerak pada kisaran 6.107-6.170.

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal IHSG rebound tepat di level support bullish trendline dan Moving Average 20 hari memberikan indikasi yang cukup positif pada arah pergerakan selanjutnya.

"Indikator stochastic dan RSI masih bergerak pada momentum bearish mengiringi pergerakan terkonsolidasi indikator MACD. Sehingga IHSG berpeluang mencoba kembali menguat dengan pergerakan terbatas dengan support resistance 6.107-6.170," ujar Lanjar dalam risetnya, Jumat (13/8/2021).



Adapun sejumlah saham yang masih dapat dicermati secara teknikal diantaranya AGII, AKRA, ANTM, ESSA, HRUM, INCO, INDF, MIKA, SMRA, TBIG, TINS, TOWR.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 51,24 poin atau 0,84 persen ke level 6.139 disaat mayoritas indeks saham Asia tertekan. Saham TLKM, ARTO, UNTR, BMRI dan MDKA berbalik menguat menjadi leader pergerakan pada IHSG.

Transaksi didominasi investor domestik terlihat investor asing tercatat net sell sebesar Rp505,57 miliar disaat IHSG cukup optimis. Indeks sektor infrastruktur (+2,72%), Industri (+2,59%) dan Barang Baku (+2,09%) menguat lebih dari dua persen menjadi pemimpin pada indeks sektoral.

Leader:
TLKM, ARTO, UNTR, BMRI, MDKA

Laggard:
DCII, BUKA, AMRT, BSIM, UNVR



Sementara itu, Bursa saham Asia berpotensi terkonsolidasi diperdagangan hari jumat karena penyebaran varian delta dan pembatasan regulasi China meredam sentimen meskipun ada rekor penutupan baru di Wall Street semalam.

S&P 500 mencapai puncak baru, mengiringi penguatan Nasdaq 100. Imbal hasil Treasury AS sepuluh tahun mencapai tertinggi satu bulan di tengah lelang 30 tahun yang optimis merespon data yang inflasi dan pemulihan pasar tenaga kerja.

Fokus di China tetap pada dorongan Beijing untuk melakukan kontrol lebih besar pada berbagai industri. Dari dalam negeri masih seputar kekhawatiran dampak kasus Covid-19 terhadap prospek PPKM darurat ke depan. Sehingga, secara sentimen IHSG berpotensi menguat terbatas di akhir pekan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)