Hipmi Bagikan Tips untuk Tingkatkan Jumlah Pengusaha

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 16:22 WIB
loading...
Hipmi Bagikan Tips untuk Tingkatkan Jumlah Pengusaha
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia membutuhkan empat juta wirausahawan lagi untuk memperkuat perekonomian negara. Pasalnya, hingga kini baru 3% anak muda Indonesia yang menjadi pengusaha .

Dilansir dari laman media sosial resmi Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia @bpphipmi, saat ini ekosistem wirausaha Indonesia belum sekondusif negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura yang jumlah wirausahawannya sudah 8,76% dari total penduduk.

“Idealnya, sebuah negara perlu memiliki setidaknya 14% jumlah wirausahawan untuk memperkuat perekonomian,” tulis BPPHipmi, dikutip MNC Portal Indonesia, Jumat (13/8/2021).

Baca juga:Cerita Jokowi Beli Sepatu Sneakers dari Greysa Polii

Untuk itu, bagi anak muda yang ingin memulai usaha, berikut tips dari BPPHipmi yang dapat diterapkan:

1. Miliki produk yang berkualitas dan bermanfaat. Produk yang berkualitas juga harus diperhatikan, jangan hanya asal laku saja. Sebisa mungkin memiliki produk yang bisa berdaya guna, yaitu tidak hanya menguntungkan diri sendiri tetapi juga untuk orang lain dan lingkungan sekitar.

2. Berani aja dulu. Sangat penting untuk berani memulai. Ketika ada konsep yang rapid dan ada keyakinan untuk mencoba, mulai saja dulu untuk berbisnis. Urusan nanti akan bagaimana, itu belakangan. Jika tidak dicoba, maka tidak akan tahu.

Baca juga:Heboh Video Pramugari Cantik Nangkring di Burj Khalifa, Ini Kata Emirates

3. Ikuti passion. Passion adalah kunci. Pahami apa yang disukai, dan lakukan dengan sepenuh hati. Karena pebisnis yang maju ialah mereka yang mempunyai passion dalam bisnisnya sehingga tidak akan mudah bosan dan akan menikmati usahanya.

4. Lakukan inovasi kreatif. Inovasi kreatif sangat penting untuk membuat usaha dapat berkembang. Jangan bingung karena saat memulai sebuah usaha di situlah kreativitas dan inovasi akan bermunculan. Berbisnis adalah suatu hal yang bisa membuat kita menjadi lebih besar dan berkembang.

5. Gunakan strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Namun, yang perlu diingat, jangan terlalu lama mengamati sampai lupa mengeksekusi. Jangan hanya meniru atau nanti akan menjadi plagiat. Kemudian tekankan modifikasi sebagai solusi.

“Setelah tahu tips-tips buat mengembangkan usaha, mungkin jadi muncul beragam ide yang bisa dukung pengusaha UMKM muda dalam pengembangan usahanya,” kata BPPHipmi.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)