Tak Punya Smartphone, Banyak Pengusaha Gurem Belum Melek Digital

Minggu, 15 Agustus 2021 - 05:18 WIB
loading...
A A A
Namun meski demikian, dia mengungkapkan sejumlah tantangan seperti masih terbatasnya kepemilikan telepon pintar (smartphone) di kalangan nasabah ultra mikro.

Sehingga berdampak pada minimnya pengetahuan tentang cara bertransaksi di platform digital dan mempengaruhi cara menjaga keamanan data pribadi. Selain juga dipengaruhi oleh jaringan internet yang masih belum merata di Indonesia.

“Termasuk kemampuan dalam mengelola kontinuitas produksi dan standarisasi produk yang dihasilkan dalam memenuhi permintaan yang masuk melalui platform digital,” jelasnya.

Sementara itu, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengungkapkan UMKM menyumbangkan 60 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) dengan memiliki daya serap tenaga kerja sebesar 97 persen. Namun, dia menyayangkan potensi UMKM yang besar, baru 21 persen yang sudah terdigitalisasi.

“Dengan adanya aplikasi Mitra Merchant Grab akan dapat mencakup layanan all in one semua bisa dilakukan sendiri untuk membantu dan menjangkau dan potensi mereka dan dengan itu bisa bertahan dan bisa berkembang selama pandemi,” terangnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2455 seconds (0.1#10.140)