Kampus UMKM Shopee Semarang Diresmikan, Targetkan Total 700 Ribu UMKM Jawa Tengah Go-Digital

Minggu, 15 Agustus 2021 - 13:14 WIB
loading...
Kampus UMKM Shopee Semarang Diresmikan, Targetkan Total 700 Ribu UMKM Jawa Tengah Go-Digital
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Kampus UMKM Shopee di kota Semarang, bertepatan dengan Hari Jadi ke-71 Jateng , Minggu (15/8/2021).
A A A
SEMARANG - Shopee dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Kampus UMKM Shopee di kota Semarang, Jawa Tengah, bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke-71, Minggu (15/8/2021).

Kampus UMKM Shopee Semarang akan menjadi pusat dari percepatan edukasi literasi digital yang tersebar di enam daerah di Jawa Tengah untuk mencapai total 700 ribu UMKM Jawa Tengah untuk go digital dalam setahun ke depan.

Bertempat di Hetero Space, Banyumanik, Semarang, Kampus UMKM Shopee menyediakan pusat pendidikan, pendampingan, dan pelatihan untuk para UMKM di Semarang. Gubernur Ganjar Pranowo mengapresiasi peresmian Kampus UMKM Shopee Semarang yang nanti akan disusul Kampus UMKM Shopee di beberapa kota lainnya di Jawa Tengah.

“Saya menyambut gembira kerja sama dengan Shopee ini, karena melalui hal seperti Kampus ini, para UMKM bisa mengerti cara jualan online itu seperti apa, dikasih jalan untuk ke konsumen, dan diajari gimana cara berjualan yang menarik. Bahkan nantinya kita akan ditambahkan tempat lain juga," ucapnya.

Ia berharap UMKM bisa semakin bangkit dan resilient (tangguh) untuk bisa terus mempromosikan barangnya. Peran marketplace semacam ini sangat diperlukan. "Jadi teman-teman kalau masih belum mengerti bisa datang ke tempat ini dan gratis,” tuturnya.

Shopee membuka kesempatan kepada para UMKM asal Semarang untuk dapat secara gratis melakukan konsultasi, mengikuti pelatihan, hingga menggunakan fasilitas pendukung yang telah disediakan di Kampus UMKM Shopee.

Pihak Shopee akan memberikan pendampingan mulai dari edukasi dan pelatihan terkait operasional, strategi, peningkatan kapasitas produksi bisnis online, hingga arahan untuk mendapatkan bantuan pendanaan dari Shopee.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, Kampus UMKM Shopee Semarang merupakan realisasi dari komitmen pihaknya untuk terus mendukung para pelaku UMKM di Jawa Tengah. Shopee melihat potensi besar dari para pelaku UMKM di Semarang untuk dikenal pasar dunia, seperti produk kulit, kain tenun, produk keramik, dan fashion muslim.

"Sebelumnya kami sudah meresmikan Kampus UMKM serupa di kota Solo pada Mei 2021 lalu dan akan merambah ke lima titik berikutnya di Jawa Tengah, kami berharap inisiatif ini dapat meningkatkan literasi digital yang mumpuni bagi total 700 ribu UMKM di Jawa Tengah, " ujarnya.

Pihaknya berharap upaya ini dapat mewujudkan cita-cita Shopee menjadi mitra terpercaya dalam pertumbuhan UMKM di seluruh Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2465 seconds (0.1#10.140)