Perbedaan Baju Adat Lampung yang Dikenakan Jokowi dan Erick Thohir Saat Upacara HUT Ke-76 RI

Selasa, 17 Agustus 2021 - 21:17 WIB
loading...
Perbedaan Baju Adat Lampung yang Dikenakan Jokowi dan Erick Thohir Saat Upacara HUT Ke-76 RI
Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan baju adat Lampung. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pakaian adat Nusantara senantiasa mencuri perhatian publik setiap kali peringatan HUT Kemerdekaan RI , menyusul tradisi presiden Joko Widodo (Jokowi) yang selalu mengenakan pakaian adat pada setiap perayaan HUT RI. Tak hanya dirinya, para pembantunya alias menteri kabinet juga diharuskan mengenakan baju adat.

Usai kemarin pakaian suku Badui mendadak populer karena dikenakan presiden Jokowi saat pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR, hari ini giliran baju adat Lampung yang naik daun. Pasalnya, Jokowi saat menjadi inspektur upacara mengenakan baju adat dari provinsi yang dijuluki Sai Bumi Ruwa Jurai itu.



Tak hanya Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir pun rupanya mengenakan kostum dari Lampung juga. Bedanya, Jokowi mengenakan baju Tulang Bawang, sebutan untuk baju adat Lampung dengan motif Lampung Pepaduan yang didominasi warna putih. Sedangkan Erick Thohir, yang berasal dari Gunung Sugih, Lampung Tengah, memakai baju adat Lampung Saudatin yang mayoritas berwarna merah.

Erick mengungkapkan, tradisi mengenakan baju nasional saat memperingati hari kemerdekaan sudah dimulai Jokowi sejak tahun 2017 lalu. Bahkan, baju adat yang dikenakan selalu berganti setiap tahunnya.

Untuk HUT RI tahun ini, pakaian adat Lampung menjadi pilihan Kepala Negara. Sedangkan Erick memilih yang sama lantaran dirinya sebagai putra daerah Lampung.

"Tahun ini, pakaian adat Lampung menjadi pilihan Presiden dan hal itu jelas sangat membanggakan masyarakat Lampung dan saya pribadi sebagai putra daerah karena hal ini langsung mengenalkan kekayaan budaya Lampung," ujar Erick, Selasa (17/8/2021).



Tahun lalu, mantan Bos Inter Milan itu pun memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75 dengan mengenakan kostum asal daerah serupa. "Saya juga memakai pakaian adat Lampung. Bagi saya, mengenakan pakaian Tulang Bawang selalu mengingatkan kembali kepada mendiang ayah yang kelahiran Lampung, dan juga akar saya berasal," tuturnya.

Untuk pria, baju adat Lampung terdiri atas baju lengan panjang, celana panjang, sarung tumpal, sesapuran, kopiah, dan khikat akhir. Sarung tumpal merupakan kain khas Lampung yang ditenun dengan benang emas, sedangkan khikat akhir atau selendang bujur dikenakan dengan cara disampirkan di pundak.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)