Yihaaa! Sektor Parekraf Bakal Dapat BIP dan Dana Hibah

Kamis, 19 Agustus 2021 - 17:57 WIB
loading...
Yihaaa! Sektor Parekraf Bakal Dapat BIP dan Dana Hibah
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menyalurkan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) serta dana hibah bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi. Pasalnya, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional, termasuk bisnis MICE (meeting, incentive, convention and exhibition) menjadi salah satu sektor yang terimbas dari pandemi Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan tengah menyusun sejumlah program pemulihan parekraf.

"BIP sudah masuk ke dalam tahap kurasi final dan kita harapkan akhir Agustus atau September 2021 awal sudah cair dengan koordinasi pihak penerima," terang Sandiaga, Kamis (19/8/2021).



Lebih lanjut, kata pria yang akrab dipanggil Mas Menteri itu, setelah rancangan tersebut direview oleh Kementerian Keuangan dan Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, dana hibah yang tahun lalu diberikan, sekarang tengah proses transformasi menjadi Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata.

Mas Menteri berharap penyaluran bantuan tersebut dapat segera terealisasi sebab para pelaku usaha MICE kini dalam keadaan terpuruk. Bantuan yang diberikan pun diyakini dapat mempertahankan bisnis sekaligus mencegah adanya pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Nah ini juga sedang penyiapan dan kita harapkan kuartal ketiga ini siap, sehingga bisa diberikan segera. Karena ini sudah dalam keadaan yang berat sekali untuk teman-teman yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," jelasnya.

Selain itu, sejalan dengan terkendalinya kasus Covid-19, kegiatan masyarakat akan kembali dilonggarkan dengan mengacu protokol kesehatan yang ketat dan disiplin berbasis CHSE, yaitu cleanliness, health, safety dan environment sustainability.



"Oleh karena itu koordinasi melalui Parekraf Concierge, jadi kayak kalau kita masuk ke dalam hotel itu ada concierge (ruang serbaguna). Apa saja yang ditanya bisa kita arahkan, konsepnya seperti itu dan akan dijembatani terutama dengan polisi dan Satgas Covid-19. Dan untuk finansial-nya, untuk working capitalnya kita akan arahkan melalui kegiatan-kegiatan kita yang memberikan stimulus ekonomi," papar Sandiaga.

Dirinya meyakini, lewat inovasi, adaptasi dan kolaborasi, sektor parekraf nasional, khususnya bisnis MICE dapat bertahan melewati badai pandemi covid-19. "Semoga kebersamaan kita bisa meningkatkan, bukan hanya resiliensi tapi juga yang disebut Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," tutupnya bersemangat.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)