Kementan dan RNI Kompakan Perkuat Cadangan Hortikultura

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 14:46 WIB
loading...
Kementan dan RNI Kompakan Perkuat Cadangan Hortikultura
Ilustrasi petani sayuran organik. Foto/Dok SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
JAKARTA - Pembentukan Holding BUMN Pangan terus diperkuat. Di sektor pertanian, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) sebagai calon induk holding diminta memperkuat pendistribusian hasil hortikultura .

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan manajemen perseroan pun sudah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang pengembangan cadangan hasil hortikultura.



Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kerja sama tersebut merupakan keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat khususnya dalam menyediakan nutrisi dari sumber pangan hortikultura yang sehat.

“Saya yakin apa yang kita lakukan hari ini ini adalah kontribusi kita semua bagi bangsa. Untuk menghadirkan kehidupan negara yang lebih baik, dan kehidupan rakyat yang semakin sejahtera dengan menyediakan nutrisi dari sumber pangan hortikultura yang sehat,” ujarnya, Jumat (27/8/2021).

Mentan menyadari pandemi Covid-19 telah merubah tatanan sosial kehidupan. Dia pun mengingatkan agar pertanian Indonesia harus tetap berjalan dengan manajemen modern. “Pertanian tidak bisa dilakukan seperti cara-cara yang lama. Pertanian harus dihandle lebih kuat,” tandas pria asal Sulawesi.

Oleh karena itu, sambung dia, hal yang dibutuhkan dalam membangun pertanian adalah komitmen dan integritas. Petani, pemerintah daerah dan pelaku usaha harus bertanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing serta bersinergi untuk meningkatkan produktivitas pertanian.



Direktur Utama RNI, Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya dan BUMN Klaster Pangan akan meningkatkan kerja sama dengan berperan pada hilir pendistribusian hasil hortikultura. “Sesuai dengan arahan menteri Syahrul Yasin Limpo, kami siap berkontribusi pada hilir sektor hortikultura untuk penguatan sektor pertanian," tuturnya.

Menurut Arif, kerja sama tersebut untuk menghubungkan antara hulu dan hilir, di mana RNI bersama BUMN Klaster Pangan diharapkan dapat membantu hilirisasi atau pendistribusian di sektor pangan.

Kerja sama antara RNI dengan Kementan meliputi penggunaan data sebaran ketersediaan hortikultura hingga harga komoditas hortikultura sebagai acuan distribusi dalam mendukung penyelenggaraan cadangan komoditas hortikuktura.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)