Fix, PT Pelindo I-IV Dimerger Bulan Depan

Rabu, 01 September 2021 - 15:56 WIB
loading...
Fix, PT Pelindo I-IV Dimerger Bulan Depan
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan progress rencana merger Pelindo I-IV di Jakarta, Rabu (1/9/2021). Foto/Azfar M
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian BUMN memastikan integrasi seluruh BUMN kepelabuhanan , yaitu PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III, dan IV (Persero) dilakukan pada 1 Oktober 2021. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menegaskan, mergernya BUMN kepelabuhanan ini berpeluang meningkatkan jumlah investasi.



"Mergerisasi ini merupakan sebuah wacana yang sudah lama sebenarnya dan beberapa hal telah diupayakan khususnya ini dapat meningkatkan jumlah investasi, khususnya dalam akses-akses BUMN Itu sendiri,” kata Kartika melalui konferensi virtual, Rabu (1/9/2021).

Dia mengatakan, Kementerian BUMN tinggal menunggu peraturan pemerintah (PP) yang menjadi dasar hukum untuk penggabungan atau merger 4 BUMN ini.

Dalam merger ini, kata dia, pemerintah menekankan bagaimana strategi pelabuhan nasional bisa dijadikan roadmap yang terintegrasi. "Dimana yang tadinya 4 pelabuhan yang terbagi dari wilayah regional kami akan maksimalkan dengan sistem integrasi nasional," jelasnya.



Starndardisasi pelayanan operasional pun akan dilakukan sehingga dari sisi efisiensi dan juga kecepatan dan pelayanan bisa tersentraliasi dengan baik, dari Sabang sampai Merauke.

Kartika juga menyampaikan bahwa perencanaan investasi secara nasional akan dimaksimalkan untuk meningkatkan kemampuan Pelindo.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)