Sri Mulyani Ungkapkan 'Perpisahan' dengan Mesin Fotokopi

Kamis, 02 September 2021 - 23:15 WIB
loading...
Sri Mulyani Ungkapkan Perpisahan dengan Mesin Fotokopi
Sri Mulyani terapkan digitalisasi di kementeriannya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat pegawai Kementerian Keuangan ( Kemenkeu ) menerapkan sistem work form home (wfh) atau kerja dirumah serta banyak pekerjaan yang beralih ke digital. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan beberapa barang seperti mesin fotokopi tidak perlu dibeli.

"Kita sudah memulai office automation. Banyak sekali, hampir semua nota dinas tidak lagi di-print. Belanja kita seperti mesin fotokopi sudah tidak relevan lagi sekarang," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Kamis (2/9/2021).



Kata dia, Kemenkeu akan meningkatkan belanja untuk bidang digital. Alhasil, transformasi bisa berjalan meskipun di tengah pandemi Covid-19.

"Ini tidak sederhana, terutama bicara mengenai budaya organisasi efisiensi ternyata milenial kalau online itu terbatas. Jadi harus tetap tatap muka," jelasnya.

Saat ini, realisasi anggaran Kementerian Keuangan tidak termasuk Badan Layanan Umum (BLU) mencapai Rp19,9 triliun sampai dengan akhir Agustus 2021. Angka ini setara dengan 63,65% dari pagu sebesar Rp31,3 triliun.



"Kinerja Kemenkeu dari sisi capaian anggaran, kita semua non-BLU dan realisasinya sampai dengan Agustus akhir Rp19,9 triliun atau 63,6%," bebernya.

Selanjutnya untuk belanja modal dari Rp2,8 triliun realisasinya baru Rp705 miliar atau hanya 24,6% saja. "Ini nanti yang ada implikasinya kami mohon untuk diluncurkan karenanya menyangkut investasi belanja modal terutama untuk IT sistem kita," jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)