4 FTA TV Milik MNCN Kembali Menunjukkan Dominasinya

Selasa, 07 September 2021 - 18:21 WIB
loading...
4 FTA TV Milik MNCN Kembali Menunjukkan Dominasinya
4 TV MNCN terus menunjukkan kinerja positifnya. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - PT Media Nusantara Citra TbK ( MNCN ) kembali menunjukkan dominasinya dalam pencapaian pangsa pemirsa nasional melalui produksi konten yang berfokus pada segmentasi pasar di Indonesia. 4 FTA TV milik Perseroan, yaitu RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews sekali lagi berhasil mempertahankan posisinya di puncak industri media dengan meraih pangsa pemirsa tertinggi diantara semua grup TV FTA di Indonesia dengan meraih lebih dari 56% pangsa pemirsa di slot Prime Time dan 41,6% pangsa pemirsa di slot non Prime Time.

Perseroan berkomitmen untuk senantiasa memperkuat kualitas kemampuan produksi dan terus meningkatkan jumlah produksi konten lokal terbaru bagi platform TV-nya (sekitar 80% dari total konten yang disiarkan), menunjukkan hasil yang memuaskan dengan secara konsisten meraih lebih dari 53% pangsa pemirsa selama empat bulan terakhir.

Selain itu, serial drama Perseroan dengan kinerja terbaik berjudul “Ikatan Cinta” telah mempertahankan rekor rating dan pangsa pemirsa, serta berhasil meraih posisi tertinggi, baik sebagai program terbaik di bulan Juli dan juga sebagai program drama seri yang terbaik di sepanjang tahun, berdasarkan data Nielsen. Program-program MNCN lainnya juga menunjukkan kinerja yang luar biasa dengan mencatatkan 9 dari 10 program, masuk sebagai program yang paling banyak ditonton selama bulan Juli 2021.

Perseroan juga berfokus untuk memperluas sumber pendapatan kontennya melalui berbagai upaya dalam meningkatkan pendapatan yang berasal dari monetisasi IP. Baru-baru ini, MNCN telah memiliki kesepakatan dengan beberapa perusahaan FMCG terkait hak dalam penggunaan karakter dan logo serial drama milik Perseroan pada kemasan produk mereka untuk meningkatkan pemasaran merek tersebut, melalui popularitas karakter kita yang luar biasa di masyarakat.



Lebih lanjut, Perseroan juga memiliki “KIKO”, konten animasi yang diproduksi sendiri oleh Perseroan dan sangat sukses di pasaran, telah hadir di lebih dari 63 negara di seluruh dunia. IP animasi populer lainnya yang berjudul "Bima", dilisensikan untuk produksi mainan dan telah menerima respons konsumen yang luar biasa, dimana dalam waktu satu minggu, lisensi tersebut menerima lebih dari 2 juta pesanan.

Di luar itu, MNCN memiliki unit manajemen artis terbesar di Indonesia dengan sekitar 400 artis di bawah naungannya, yang mewakili berbagai kategori talent seperti penyanyi, presenter, aktor, aktris, komedian, koki, pesulap, dan influencer di media sosial. Melalui bisnis unit tersebut, Perseroan terus memastikan ketersedian artis yang baru, yang direkrut melalui berbagai program pencarian bakat yang disiarkan melalui TV FTA milik MNCN. Unit manajemen artis tersebut berfungsi sebagai entitas manajemen resmi bagi semua finalis.

Divisi strategis lainnya di bawah divisi talent juga menunjukkan kinerjanya yang menjanjikan, dengan berkembangnya label musik dan operasional Multi Channel Network (MCN) dengan sangat pesat. Hingga saat ini, MNCN telah memiliki 144 saluran MCN di bawah operasionalnya yang telah memiliki lebih dari 70,5 juta subscribers dan 8,5 miliar views, yang diperkirakan akan terus meningkat selama beberapa tahun mendatang.

Salah satu aset digital terpenting di bawah MNCN yaitu RCTI+, hadir sebagai super-app hiburan dengan perkembangan paling pesat di Indonesia. Pada bulan Juli 2021, RCTI+ telah berhasil menghasilkan lebih dari 39,8 juta monthly active users (MAU) dan diperkirakan akan melampaui target akhir tahun Perseroan pada bulan Agustus, serta menjadi kontributor terbesar bagi pendapatan digital Perseroan.

Super-app tersebut terdiri dari 5 kategori konten, yang mencakup layanan video (live streaming, VOD, original productions, dan konten kreatif lainnya), fitur agregasi berita dan audio (termasuk podcast), kompetisi UGC, dan agregasi game yang baru-baru ini diluncurkan,semua ini menyediakan solusi periklanan multi-jangkauan yang terintegrasi bagi klien periklanan kami.

Sepanjang tahun 2021, MNCN telah menambahkan 3 portal baru melalui idxchannel.com (pasar modal, keuangan, bisnis, dan ekonomi), celebrities.id (hiburan) dan sportstars. id (olahraga). Hal ini menempatkan operasional portal online MNCN bertambah menjadi 6 portal, yang berfokus pada segmen kategori pemberitaan yang berbeda, serta pada saat yang sama memberikan solusi yang beragam untuk penargetan audiens pengiklan Perseroan.

Dalam waktu dekat Perseroan juga akan segera memperkenalkan portal baru, yang akan menjadi portal berita berbasis Artificial Intelligent (AI) yang mengumpulkan konten dari berbagai penyedia berita dan informasi di Indonesia. Lebih lanjut, pendirian AI Development Center di New Delhi, India akan mendukung penuh dan mempercepat penyelesaian proyek ini, serta mendorong untuk pengembangan ambisi teknologi Grup.



Perseroan berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin dalam media sosial di tanah air melalui operasinya di YouTube, Facebook, dan TikTok. Pada bulan Juli 2021, performa channel-channel Perseroan di YouTube merupakan yang terbesar di Indonesia dengan memiliki 140,7 juta subscribers dan 45,1 miliar views. Sementara itu, di Facebook dan TikTok, MNCN telah berhasil mengumpulkan jumlah followers lebih dari 137,5 juta dengan 3 miliar views. Pencapaian luar biasa tersebut berhasil ditorehkan Perseroan dengan melebihi ekspektasi awal kami, di mana baru memulai beroperasi sekitar 12 bulan yang lalu.

Divisi gaming adalah terobosan terbaru Perseroan di bidang hiburan, siap untuk merambah pasar game Indonesia yang berkembang dengan sangat pesat dan memperluas lini operasi bisnis game-nya dengan mendirikan unit bisnis yang berfokus bernama, Esports Star Indonesia (ESI). Unit bisnis baru tersebut diharapkan dapat memperkuat portofolio digital MNCN di tahun-tahun mendatang. ESI akan merilis game pertamanya yang berjudul Rapid Fire pada Q4-2021 dan memiliki ekspektasi yang sangat tinggi dalam jadwal rilisnya yang akan didukung penuh oleh kemampuan pemasaran dan promosi grup.

Area fokus lain di bawah divisi game juga mencakup manajemen tim E-Sports yang berasal dari program pencarian bakat game milik Perseroan, manajemen kemitraan dengan penyedia game lokal dan internasional yang terkemuka untuk bergabung di aplikasi RCTI+ sebagai platform agregator game, serta meningkatkan produksi dan penyiaran program kompetisi E-Sports yang sedang berlangsung.

"Pencapaian kinerja area bisnis utama MNCN menunjukkan performa yang sangat luar biasa tahun ini. Pada bulan Juli, sekali lagi, kami telah berhasil menunjukkan dominasi berkelanjutan kami dalam mempertahankan posisi terdepan kami di semua lini bisnis kami di TV FTA, konten, dan digital. Kami memahami dinamika perubahan pada industri media di Indonesia. Tim manajemen berfokus pada pencapaian target operasional dan keuangan kami, serta berinvestasi dalam inovasi untuk membangun fondasi baru agar mencapai kesuksesan baik di lini media tradisional maupun digital yang berkembang pesat. Kami akan terus berinovasi dengan visi dan kecepatan yang lebih baik, yang pada akhirnya akan mampu mewujudkan aspirasi kami," kata Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC GROUP.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)