IHSG Berada di Level Sakral, Waspadalah para Investor!

Kamis, 09 September 2021 - 23:59 WIB
loading...
IHSG Berada di Level Sakral, Waspadalah para Investor!
Para investor diminta mencermati level IHSG saat ini. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indeks harga saham gabungan ( IHSG ) ditutup menguat pada perdagangan Kamis (9/9/2021) sore. IHSG ditutup naik 0,70% ke level 6.068.

Founder dan CEO GaleriSaham Rio Rizaldi mengatakan, IHSG saat ini sedang berada di level sakral. Pasalnya, saat ini posisi IHSG bertepatan dengan MA 200.

i!

“Indeks kita ini di posisi yang agak penting dicermati, karena bertepatan dengan moving average 200 atau MA 200. Saat MA 200 orang banyak bilang itu level sakral,” katanya dalam 2ND Session Closing Market IDX Channel, Kamis (9/9/2021).

Rio menjelaskan, jika indeks berada di atas MA 200, maka indeks akan cenderung naik. Namun, jika berada di bawah MA 200, maka indeks akan cenderung bearish. Para pelaku pasar pun disarankan mencermati level IHSG terlebih dahulu.

“MA 200 IHSG itu sekarang di level 6.059 anggaplah 6.060. Kalau dalam beberapa hari ke depan mampu bertahan di atas level 6.060, maka ada tedensi penguatan IHSG. Tapi kalau ternyata di bawah level 6.060, maka dikhawatirkan ada tren turun pada IHSG untuk jangka pendek,” jelas dia.

Lanjutnya, kondisi tersebut tidak didorong oleh sentimen-sentimen yang ada. Akan tetapi, adanya ketidakpastian pasar yang telah memengaruhi pergerakan IHSG.

“Sebenarnya lebih ketidakpastian pasar, tidak ada sentimen di pasar. Ada yang profit taking ada yang spekulatif, jadi itu yang membuat indeks kita bergerak sangat fluktuatif dalam beberapa hari terakhir,” ujar Rio.

Tambah Rio, saat ini para pelaku pasar sebaiknya menghindari saham-saham big cap. Dia menilai bahwa saham-saham BUMN memiliki peluang di market. Misalnya saham konstruksi dan logam.



“Kalau memang indeks turun di bawah 6.060 bahkan di bawah 6.000 dalam beberapa hari ke depan, maka strateginya lebih untuk menghindari saham-saham big cap. Namun, saya melihat di market itu ada peluang di saham-saham BUMN. Jadi seperti di konstruksi dan logam-logaman, itu sebenarnya ada peluang,” tandasnya.

Rio kemudian juga merekomendasikan beberapa saham pilihan yang bisa menjadi pertimbangan para investor. Saham-saham tersebut yaitu, AALI, ISAT, JPFA, dan TKIM.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0700 seconds (0.1#10.140)