7 BUMN Karya Dilebur, Ditargetkan Rampung September 2024

Selasa, 07 Mei 2024 - 20:47 WIB
loading...
7 BUMN Karya Dilebur, Ditargetkan Rampung September 2024
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan penggabungan 7 perusahaan pelat merah di sektor infrastruktur rampung September 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) memastikan penggabungan 7 perusahaan pelat merah di sektor infrastruktur rampung September 2024. Saat ini konsolidasi BUMN Karya masih dalam proses finalisasi.



Adapun, BUMN karya yang dilebur di antaranya PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Nindya Karya (Persero), PT Brantas Abipraya (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, atau PTPP.

Nantinya, Waskita Karya akan dilebur ke Hutama Karya, Nindya Karya dan Brantas Abipraya dilebur ke Adhi Karya, lalu Wijaya Karya alias WIKA akan dilebur ke PTPP.

“Semua karya (BUMN), mudah-mudahan ya (peleburan di September 2024),” ujar Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, saat ditemui di HK Tower, Jakarta Timur, Selasa (7/5/2024).

Kementerian BUMN memang berencana melebur tujuh BUMN karya menjadi tiga perseroan saja. Hal ini disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat kerja (raker) bersama Komisi VI DPR RI pada Maret 2024 lalu.

Peleburan perusahaan merupakan opsi penyehatan bisnis BUMN di bidang konstruksi. Erick menyebut, pemegang saham mulai mengklasifikasi ketujuh perusahaan menjadi tiga kelompok. Tujuannya bisa fokus pada tugas masing-masing.

Misalnya, Hutama Karya dan Waskita Karya akan fokus pada pembangunan atau pengembangan jalan tol, jalan non tol, hingga residential commercial.

Sedangkan, WIKA dan PTPP fokus pada bisnis pembangunan pelabuhan laut (seaport), bandara (airport), hunian atau perumahan, dan Engineering Procurement Construction (EPC).

“Misalnya di HK dan Waskita mereka akan fokus di jalan tol, non tol, dan institusional building, dan juga residential commercial,” paparnya.

“Tetapi untuk WIKA dan PTPP dia tidak masuk ke toll roads, tapi dia fokus ke seaport, airport, tetapi dia juga akan tetap masuk di residential karena masih ada aset-aset yang tertinggal sebelumnya,” sambung Erick.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)