19 KEK Jaring Investasi Rp92,3 Triliun Hingga Juli 2021

Senin, 13 September 2021 - 18:15 WIB
loading...
19 KEK Jaring Investasi Rp92,3 Triliun Hingga Juli 2021
Menkeu Sri Mulyani. Foto/MPI/Anggie Ariesta
A A A
JAKARTA - Pemerintah mencatat, hingga Juli 2021 sebanyak 19 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) telah berhasil menjaring komitmen investasi senilai Rp92,3 triliun, dengan realisasi investasi sebesar Rp32,76 triliun. Diketahui, sudah ada 166 pengusaha yang ingin menanamkan modal di KEK dan dengan ini terbuka potensi penciptaan 26.741 lapangan kerja.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut keberadaan kawasan ekonomi khusus (KEK) mampu memacu pertumbuhan ekonomi berbagai daerah di Indonesia.

"Hingga tahun 2020 ini Indonesia memiliki komitmen investasi di kawasan ekonomi khusus yang mencapai Rp70,43 triliun," ujarnya dalam webinar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) secara virtual di akun YouTube resmi Kemenkeu, Senin (13/9/2021).



Dia menambahkan, saat ini terdapat 4 KEK baru yang bergerak di sektor-sektor yang makin bervariasi, salah satunya manufaktur. "Sektor manufaktur jelas merupakan sektor yang tradisional untuk KEK, namun saat ini kita juga memiliki KEK yang bergerak di bidang pariwisata, pendidikan dan ekonomi kreatif dan ini tersebar di seluruh kawasan Indonesia yang tentu memberikan alternatif bagi daerah-daerah Indonesia untuk bisa memacu pertumbuhan ekonominya," paparnya.

Sasaran pengembangan KEK saat ini adalah untuk meningkatkan kehadiran dari modal-modal, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Lewat modal itu, lanjut Sri Mulyani, akan muncul kegiatan industri yang makin produktif atau optimal.

Industri yang makin kompetitif akan meningkatkan ekspor. Di sisi lain, kemudahan impor untuk bahan baku menyebabkan kegiatan industri menjadi lebih pasti dan kompetitif.



“KEK juga diharapkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang baru. Kita berharap akan muncul terobosan pengembangan kawasan untuk pertumbuhan daerah di Indonesia memanfaatkan fasilitas KEK ini," tuturnya.

Sebagai catatan, dari 19 KEK yang telah ditetapkan pemerintah, 11 KEK diantaranya merupakan kawasan industri dan sisanya adalah KEK pariwisata. Sebanyak 12 KEK sudah beroperasi, sementara 7 lainnya masih tahap pembangunan. Realisasi investasi pembangunan KEK telah mencapai Rp19,52 triliun.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3327 seconds (0.1#10.140)