Wakili APRDI, MNC AM Sinergi dengan OJK Pacu Edukasi Reksa Dana

Minggu, 19 September 2021 - 17:34 WIB
loading...
Wakili APRDI, MNC AM Sinergi dengan OJK Pacu Edukasi Reksa Dana
MNC Asset Management selalu dukung OJK untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dalam kehidupan sehari-hari kita tak pernah lepas dari transaksi keuangan . Namun, belum seluruh masyarakat memahami bagaimana menggunakan uang dengan bijak.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) pada tahun 2019 menunjukkan bahwa masih terdapat gap yang cukup lebar antara tingkat pemahaman masyarakat dan kepemilikan produk dan layanan di sektor jasa keuangan (tingkat literasi 38,03%, tingkat inklusi 76,19%).



Dalam rangka meningkatkan tingkat literasi keuangan masyarakat, pada 16 September 2021 lalu OJK menggelar webinar edukasi keuangan dengan mengajak berbagai asosiasi pelaku usaha jasa keuangan yang salah satu di antaranya adalah Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI).

Dalam acara webinar ini APRDI diwakili oleh anak perusahaan dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang bergerak di industri reksa dana, MNC Asset Management (MNC AM). Sasaran dari webinar edukasi keuangan ini adalah karyawan BUMN, BUMD, dan aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Gorontalo.

Kepala Bagian Pengawasan INKB, Pasar Modal dan EPK OJK wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara, Ahmad Husein, memberikan paparan mengenai investasi dan pinjaman online (pinjol) ilegal serta cara mencegahnya dengan prinsip 2L (legal dan logis).

“Dengan makin maraknya beragam penawaran investasi dan pinjol ilegal sangat penting bagi kita untuk menerapkan prinsip legal dan logis dalam menyaring tawaran tersebut," kata Ahmad. Menurut Ahmad, salah satu jenis investasi yang legal dan logis adalah reksa dana.

Pada kesempatan yang sama, MNC AM yang diwakili oleh Dimas Aditia Ariadi sebagai narasumber menyatakan bahwa sebagai bentuk sinergisitas dengan regulator, MNC AM akan selalu mendukung kegiatan OJK untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.



“Sejalan dengan visi perusahaan kami untuk memajukan industri reksa dana, kami senantiasa akan selalu full support terhadap kegiatan literasi seperti ini dan harapan kami ke depannya kolaborasi ini dapat kembali dilaksanakan," ungkap Dimas.

Dimas juga menambahkan dengan adanya webinar ini, diharapkan dapat menjadi insight baru bagi para karyawan di Gorontalo untuk mencoba produk reksa dana karena saat ini investasi pada reksa dana dapat dilakukan melalui berbagai aplikasi online yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)