5 Cara OJK Dorong UMKM Bangkit dari Covid-19

loading...
5 Cara OJK Dorong UMKM Bangkit dari Covid-19
Fokus OJK mendorong UMKM. FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Ketua Satgas Pengembangan Keuangan Syariah dan Ekosistem UMKM Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ahmad Buchori mengatakan, OJK berperan aktif dalam mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Baca Juga: OJK Bakal Ubah Aturan Soal Modal Ventura, Intip Alasannya

Ahmad Buchori menyebut, selama ini inisiatif OJK untuk meningkatkan akses keuangan UMKM sudah sampai tahap menghadirkan pembiayaan kredit digital DigiKU yang dimulai dari edukasi keuangan kala itu.

"Tantangan UMKM dalam masa pandemi ini tentunya kita berupaya supaya ini bisa berjalan usahanya, makanya kita upayakan dengan digitalisasi," katanya dalam Webinar Business Matching 'Digitalisasi Pembiayaan untuk UMKM' OJK secara virtual, Jakarta, Sabtu (18/9/2021).



Demi menjalankan kebijakan dan peran OJK untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan pertumbuhan UMKM, berikut lima fokus kebijakan OJK mendorong UMKM:
1. Perpanjangan restrukturisasi bagi debitur terdampak Covid-19 hingga 2022
2. Mendorong kebijakan stimulus program Pemulihan Ekonomi Nasional
3. Mempermudah dan mempercepat akses pembiayaan
4. Peningkatan literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen
5. Digitalisasi UMKM

Baca Juga: OJK Melarkan Waktu Restrukturisasi Kredit hingga 2023

Ahmad Buchori menyebut digitalisasi UMKM demi memperluas ekosistem dari hulu sampai hilir yang didukung dengan adopsi teknologi, antara lain dengan Digitalisasi Bank Wakaf Mikro (BWM), Platform Marketplace UMKMMU, dan Digitalisasi Proses KUR.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top