Jokowi Pede Produksi Baja Bisa Tembus 10 Juta Ton Setahun

loading...
Jokowi Pede Produksi Baja Bisa Tembus 10 Juta Ton Setahun
Presiden Jokowi meresmikan Hot Strip Mill #2 milik Krakatau Steel. FOTO/Dita Angga Rusiana
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang target produksi baja hingga 2025 bisa mencapai 10 juta ton setahun. Hal itu disampaikan kepada jajaran menteri saat meresmikan Hot Strip Mill #2 milik Krakatau Steel.

"Saya titip kepada para menteri untuk terus mendukung para pelaku industri baja dan besi, mendukung BUMN kita agar menjadi profesional dan terus menguntungkan untuk mewujudkan klaster baja 10 juta ton di Cilegon ini yang ditargetkan akan terealisasi di 2025," kata Jokowi , Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: Erick Thohir Pamer ke Jokowi: Kontribusi BUMN Capai Rp375 Triliun

Dia mengungkapkan bahwa pengolahan baja adalah industri strategis. Pasalnya produk yang dihasilkan sangat dibutuhkan dan dimanfaatkan oleh industri-industri lain.



"Artinya nanti akan mengurangi semakin banyak impor kita dari negara-negara lain. Dan merupakan salah satu pilar penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena konsumsi baja kita sangat besar. Kalau kita tahu konsumsi baja sangat besar jangan dibiarkan ini dimasuki produk-produk dari luar," ujar dia.

Pada kesempatan itu Jokowi juga berpesan agar kualitas produk baja yang dihasilkan tidak kalah dengan produk impor. Selain itu juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dunia industri dalam negeri.

Baca Juga: Kasus Lahan Munjul, Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Ikut Diperiksa KPK, Selengkapnya di iNews Siang

"Dan saya yakin nantinya akan menjadi komoditas yang mampu bersaing di pasar regional dan pasar global," pungkasnya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top