Enggak Cuma Uang Tunai, Ini Deretan Kekayaan Jeff Bezos

Kamis, 23 September 2021 - 15:53 WIB
Enggak Cuma Uang Tunai, Ini Deretan Kekayaan Jeff Bezos
Pendiri dan bos Amazon.com Jeff Bezos memiliki deretan kekayaan yang jika dirupiahkan bernilai ribuan triliun. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Siapa tak kenal dengan Jeff Bezos ? Pendiri, chairman, CEO, presiden sekaligus pemilik saham mayoritas Amazon.com ini berkali-kali berada di urutan teratas daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

Pada April 2021, kekayaan bersihnya ditaksir mencapai USD182 miliar atau sekitar Rp2.548 triliun, (kurs Rp14.000/USD). Bentuk kekayaan Jeff Bezos selain uang tunai amat beragam. Melansir Marketrealist.com, kekayaan Bezos bermacam-macam, mulai dari mobil mewah, jet pribadi, properti dan saham.

Baca Juga: Babak Baru Perseteruan Orang Superkaya, Jeff Bezos Tuntut Nasa karena Pilih Elon Musk

Kekayaan Bezos berupa properti bernilai triliunan. Portofolio real estate-nya pun terbilang sangat unggul. Pada 2020, dia membeli sebuah rumah mewah di Los Angeles seharga USD165 juta (sekitar Rp2,31 triliun). Pada 2019, Bezos membeli beberapa apartemen di Manhattan seharga USD80 juta (sekitar Rp1,12 triliun). Pada 2016, dia membeli rumah senilai USD23 juta di Washington DC. Portofolio real estate-nya ditaksir senilai USD400 juta.



Selain investasi real estate, Bezos juga berinvestasi di pasar saham. Kekayaan berupa saham yang dimilikinya antara lain 11% saham Amazon, yang merupakan sebagian besar kekayaannya. Nilai 11% saham tersebut mencapai USD176 miliar (sekitar Rp2.464 triliun), pada kapitalisasi pasar USD1,6 triliun. Namun, perceraian Bezos dengan sang istri memangkas kepemilikan sahamnya di Amazon sebesar 4%. Di luar itu, Bezos juga memiliki saham di beberapa perusahaan besar, antara lain Google, Uber, Airbnb, dan Unity Biotechnology.

Baca Juga: Profil Jeff Bezos, Mimpi dan Musuh-musuh sang Lex Luthor di Dunia Nyata

Tak habis di sana, Bezos juga memiliki banyak investasi lainnya. Dia membeli surat kabar The Washington Post seharga USD250 juta. Bezos juga memiliki Blue Origin, sebuah perusahaan eksplorasi ruang angkasa sipil yang bersaing dengan SpaceX.

Bezos diketahui tidak mempunyai utang. Namun, dia memiliki 'kewajiban' setelah menjanjikan USD2 miliar ke Day One Fund untuk memerangi kemiskinan, khususnya tunawisma, dan untuk mendukung pendidikan pra-sekolah di komunitas masyarakat miskin. Pada 2020, dia juga memberikan USD10 miliar ke Bezos Earth Fund untuk memerangi perubahan iklim.
(fai)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2029 seconds (10.55#12.26)