Maksimalkan Digitalisasi Pencatatan Transaksi dan Stok Barang UMKM

loading...
Maksimalkan Digitalisasi Pencatatan Transaksi dan Stok Barang UMKM
Pelaku UMKM menghadapi berbagai tantangan laju digitalisasi UMKM di Indonesia. Mulai dari pencatatan transaksi yang masih berantakan sehingga mengurangi omzet hingga lupa stok barang. Foto/Dok
JAKARTA - Pergerakan UMKM menjadi sorotan utama di tengah gencarnya transformasi digital pada sektor ekonomi domestik. Terutama dalam membantu pegiat UMKM menghadapi berbagai tantangan laju digitalisasi UMKM di Indonesia.

Mulai dari pencatatan transaksi yang masih berantakan sehingga mengurangi omzet, bingung berapa untung yang didapat, lupa memperbarui stok barang, sampai kesulitan akses untuk memperoleh barang dari distributor secara efisien.

Baca Juga: Pastikan Ekonomi Rakyat Tetap Bergerak, Menko Airlangga Tinjau UMKM Rumahan di Surakarta

Oleh karena itu, OttoPay, aplikasi dagang milik PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, berupaya mendukung laju UMKM secara menyeluruh dari ruang lingkup terkecil dengan menghadirkan layanan OttoKasir dan OttoGrosir untuk memaksimalkan UMKM digital, terutama dari sisi pencatatan transaksi dan penyediaan stok barang.



Melalui kedua layanan ini, OttoPay berhasil mencatat total transaksi QRIS hingga 60 persen dan memberdayakan ribuan mitra UMKM yang memanfaatkan penyediaan barang selama pandemi.

Hasil riset Alpha JWC Ventures dan Kearney berjudul ‘Unlocking Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia’ menyatakan bahwa dalam lima tahun ke depan, penggunaan layanan digital di kota kedua dan ketiga akan mendongkrak sektor UMKM salah satunya melalui pembayaran digital, sehingga nantinya akan berperan dalam menopang pertumbuhan ekonomi digital dari UMKM.

Sebagai penyedia layanan transaksi digital bagi UMKM, OttoPay optimis dengan kemampuan mitra UMKM dalam beradaptasi dan terbiasa menggunakan layanan digital, sehingga dapat memaksimalkan sektor UMKM secara menyeluruh dan turut berperan serta dalam mendongkrak persiapan digitalisasi UMKM.

“Kontribusi industri teknologi finansial kepada UMKM akan terus memunculkan harapan baru, maka, OttoPay berupaya memaksimalkan kesiapan digitalisasi UMKM dengan menghadirkan OttoKasir untuk mempermudah pencatatan transaksi digital serta pengelolaan stok barang mitra dan OttoGrosir yang akan memperkuat dan melengkapi penyediaan barang bagi mitra," jelas Senior Product Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Muhammad Alfi Nurcahyo.

Dari hasil implementasi kerjasama bisnis keseluruhan yang sudah berjalan, diterangkan olahnya sudah bermitra dengan ratusan ribu UMKM yang sudah mengoptimalkan layanan OttoPay, di antaranya melalui layanan OttoKasir dan OttoGrosir.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top