Sambut PON XX Papua, Menhub Poles Sarana Transportasi di Jayapura dan Merauke

Sabtu, 25 September 2021 - 19:58 WIB
loading...
Sambut PON XX Papua, Menhub Poles Sarana Transportasi di Jayapura dan Merauke
Menhub Budi Karya Sumadi membeberkan, pembangunan infrastruktur transportasi apa saja di Papua yang sudah dibangun dan beroperasi untuk mendukung kegiatan PON dan Peparnas. Foto/Dok
A A A
JAYAPURA - Menteri Perhubungan ( Menhub ) Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah sarana dan prasarana infrastruktur transportasi di Jayapura dan Merauke, yang disiapkan untuk melancarkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua, Sabtu (25/9/2021)

"Kami banyak membangun infrastruktur transportasi di Papua untuk mendukung kegiatan PON dan Peparnas. Dan kami pastikan ini semua telah berjalan dengan baik," ujar Menhub Budi Karya melalui keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Sabtu (25/9/2021).



Kemenhub bersama dengan stakeholders terkait di sektor transportasi telah menyiapkan sejumlah infrastruktur baik sarana maupun prasarana transportasi di moda transportasi darat, laut dan udara.

"Di sektor darat, Kemenhub telah mengirimkan sebanyak 428 unit bus ke tiga titik penyelenggaraan PON yaitu di Jayapura, Timika dan Merauke. Serta, menyiapkan 515 awak bus, dimana 261 orang di antaranya merupakan pengemudi yang direkrut dari penduduk Provinsi Papua, sebagai wujud pemberdayaan masyarakat asli Provinsi Papua dan bisa membuka lapangan pekerjaan," paparnya.

Sambut PON XX Papua, Menhub Poles Sarana Transportasi di Jayapura dan Merauke


Selama PON berlangsung, bus tersebut beroperasi dari pukul 06.00 - 22.00 WIT yang diperuntukan bagi mobilitas atlet dan official. Selain itu juga untuk menjemput kontingen dari Bandara Sentani.

Untuk mendukung penyelenggaraan Peparnas XVI di Papua yang diselenggarakan sesudah PON. Sebanyak 160 unit bus bantuan tersebut akan dimodifikasi dengan membuat ramp on/off dengan kemiringan yang sesuai, untuk digunakan para atlet Peparnas yang menggunakan kursi roda.

"Kemenhub juga telah membangun sejumlah infrastruktur yaitu: dermaga dan 2 (dua) unit bus air yang akan dioperasikan di Danau Sentani, pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan, pembangunan Terminal Tipe A Entrop Kota Jayapura, dan pembangunan Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Jayapura," paparnya.

Sambut PON XX Papua, Menhub Poles Sarana Transportasi di Jayapura dan Merauke
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)