Utang Jumbo Evergrande Bikin Investor Kakap hingga Kelas Teri Merugi

loading...
Utang Jumbo Evergrande Bikin Investor Kakap hingga Kelas Teri Merugi
Masalah utang Evergrande membuat investor besar dan kecil khawatir dan merasa dirugikan. Foto/Dok BBC
JAKARTA - Evergrande menjadi buah bibir dalam beberapa pekan terakhir merujuk pada kondisi utangnya yang mencapai ribuan trilun dan membuat banyak investor ketar-ketir.

Sebagai informasi, Evergrande merupakan raksasa bisnis properti di China yang mengembangkan gedung-gedung besar seperti kantor, rumah, dan hotel. Grup perusahaan ini diketahui memiliki total kewajiban utang senilai USD305 miliar atau sekitar Rp4.200 triliun kepada berbagai kreditur, pemasok, dan investor.

Laporan dari berbagai sumber mencatat, Evergrande memiliki lebih dari 1.300 bangunan di 280 kota di negeri Tirai Bambu. Evergrande bahkan memiliki investasi di perusahaan kendaraan listrik, media, tim sepak bola, makanan, dan lainnya.

Baca juga: Digoyang Kasus Evergrande, Bursa Saham AS Sepekan Meriang



Evergrande meminjam uang dari bank dan pemerintah dan juga menjual produk investasi kepada orang-orang biasa dalam rangka mengumpulkan dana untuk proyek-proyeknya. Pada awalnya, Evergrande setuju untuk membayar bunga atas utangnya.

Namun, Evergrande baru-baru ini bersurat kepada pemerintah dan beberapa investor besar, menyatakan kabar mengejutkan bahwa mereka mungkin tidak dapat membayar kembali sejumlah pinjaman tepat waktu.

Kabar ini membuat banyak bank dan investor khawatir karena jika Evergrande tidak dapat membayar utang, mereka tidak dapat melakukan pembayaran atas utang mereka sendiri.

Ketika kabar mencuat bahwa Evergrande tidak yakin dapat memenuhi tenggat waktu pembayaran, pasar saham di seluruh dunia turun. Hal itu menunjukkan bagaimana masalah keuangan satu perusahaan yang sangat besar di China bisa berdampak sistemik hingga ke seluruh dunia.

Masalah utang perusahaan tidak hanya berdampak ke bank-bank besar dan investor. Kasus Evergrande juga mempengaruhi orang-orang biasa di seluruh China.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top