Utang RI Tambah Bengkak, Airlangga: Kita Tidak Sendirian

Rabu, 29 September 2021 - 12:06 WIB
loading...
Utang RI Tambah Bengkak, Airlangga: Kita Tidak Sendirian
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan mayoritas negara dihimpit utang akibat pandemi Covid-19. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa rasio utang dalam negeri memang mengalami peningkatan. Namun demikian, peningkatan tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga dialami mayoritas negara di dunia akibat terimbas pandemi Covid-19.

"Rasio utang memang naik, tapi kita tidak sendirian. Hampir semua negara rasio utangnya naik dan rasio utang kita masih di level aman," ungkap Airlangga melalui video virtual, Rabu (29/9/2021).



Dia menyebut rasio Utang Luar Negeri (ULN) Juli 2021 sebesar 36,6% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yakni sebesar USD415,17 miliar meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar USD408,64 miliar.

Kondisi itu dibarengi dengan membaiknya indikator eksternal di dalam negeri. Hal itu tercemin dari defisit transaksi berjalan yang rendah dan devisa yang terus meningkat. "Ekspor dan impor meningkat lalu nilai tukar rupiah dan IHSG terjaga," imbuhnya.



Meski begitu, pemerintah tetap terus mewaspadai isu global termasuk pandemi Covid-19. Pasalnya wabah corona tidak bisa diprediksi. "Pandemi Covid-19 hingga mutasi varian delta, tidak ada 1 dari 215 negara yang memprediksi berjalan mendekati 2 tahun. Sehingga ini dilakukan langkah-langkah ekstra ordinary," tandas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2279 seconds (0.1#10.140)