Jejak Karier Triawan Munaf, dari Anak Band hingga Komisaris BUMN

Senin, 04 Oktober 2021 - 17:37 WIB
loading...
Jejak Karier Triawan Munaf, dari Anak Band hingga Komisaris BUMN
Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Holding BUMN PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Triawan Munaf. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir resmi menetapkan Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero).

Pengangkatan Triawan jajaran manajemen Aviasi Pariwisata Indonesia menandakan telah diresmikannya holding yang beranggotakan sejumlah BUMN di sektor penerbangan dan pariwisata itu.

Lantas siapa sosok Triawan? Dalam catatan MNC Portal Indonesia (MPI), Triawan merupakan mantan Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero) dan juga mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).



Pria kelahiran Bandung, 28 November 1958 itu memiliki latar belakang sebagai pelaku industri kreatif yang bahkan sudah ia tekuni sejak dini. Mulanya, Triawan Munaf menekuni industri kreatif dengan terjun ke industri musik dan tergabung dalam sebuah grup musik Giant Step sebagai keyboardist. Band beraliran progressive rock asal kota Bandung ini sempat booming pada tahun 1970-an.

Dia menyelesaikan pendidikan strata 1-nya di Universitas Parahyangan Bandung di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kemudian, Triawan mulai menekuni bidang industri kreatif setelah belajar ilmu organisasi, Manajemen Bisnis dan Aspek Operasional Televisi Komersial pada 1978 hingga 1980 di Television Training Centre di London, Inggris.

Setelah itu, ayah dari penyanyi Sherina Munaf ini mencoba peruntungannya dengan menjalankan dunia usaha periklanan dengan mendirikan Euro RSCG AdWork pada 26 Desember 1989 hingga 2010.



Salah satu kliennya adalah Partai PDI Perjuangan yang mana Logo PDI Perjuangan berupa lambang Banteng Moncong Putih adalah salah satu hasil karyanya. Dirinya juga menjadi Founder and Chairman of Avocado atau PT Senopati Guntur yang didirikannya pada 2011.

Selanjutnya, dia pun mencoba peruntungannya di dunia politik dengan masuk ke dalam tim sukses dan kemenangan Jokowi-JK saat pemilihan presiden tahun 2014 lalu.

Hasilnya, pada tahun 2014, Triawan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk masuk dalam kabinet kerja. Triawan menjabat sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif selama lima tahun pada periode 2014-2019.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)