Belanja Aman & Nyaman, Ini 5 Tips Gunakan Kartu Kredit MNC Bank (BABP)

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 10:46 WIB
loading...
Belanja Aman & Nyaman, Ini 5 Tips Gunakan Kartu Kredit MNC Bank (BABP)
Ada sejumlah tips saat menggunakan kartu kredit. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tren digital menjadikan kartu kredit sebagai salah satu metode pembayaran saat bertransaksi online . Pengunaan kartu kredit pun diimplementasikan dalam berbagai hal, seperti belanja online, pemesanan tiket, hingga membeli makanan dan kebutuhan sehari-hari.

Namun, seiring meningkatnya transaksi perbankan secara online, tingkat kejahatan di ranah digital pun makin subur. Untuk menghindari risiko kejahatan saat menggunakan kartu kredit untuk belanja online, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.



1. Jangan Menggunakan Banyak Kartu Kredit Saat Belanja Online

Pastikan Anda hanya menggunakan satu kartu kredit untuk melakukan transaksi online. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari upaya pencurian informasi pribadi yang mungkin saja bisa diretas oleh oknum yang tak bertanggung jawab.
Menggunakan satu kartu kredit juga akan memudahkan Anda dalam melacak segala transaksi apa pun, termasuk biaya yang sudah dikeluarkan.

2. Gunakan PIN/Password yang Kuat

PIN atau personal identification number merupakan hal yang paling krusial dalam menjaga keamanan transaksi secara online maupun offline. Pastikan Anda menggunakan PIN yang kuat untuk mengurangi risiko pembobolan kartu kredit.
Jangan menggunakan tanggal lahir sebagai PIN karena mudah sekali dikenali orang, baik itu kawan atau famili yang tahu tanggal lahir Anda. Selain itu orang yang pernah melihat KTP Anda juga bisa tahu tanggal lahir Anda.

Menggunakan PIN yang kuat bisa mengurangi potensi peretasan. Selain PIN yang kuat, Anda juga harus memiliki password yang unik untuk akun e-commerce Anda. Gunakan kombinasi huruf, angka dan simbol untuk mengecoh peretas.

Selain itu, jangan lupa mengganti PIN dan password secara berkala untuk meminimalisasi pembobolan kata sandi.

3. Jangan Pernah Bagikan One Time Password (OTP)

Beberapa platform e-commerce dan keuangan menggunakan OTP untuk memvalidasi dan mengautentikasi pengguna saat bertransaksi. OTP menjadi salah satu sasaran penjahat siber untuk dicuri.

Selalu jaga OTP yang Anda miliki dan jangan membagikannya ke orang lain termasuk platform e-commerce atau keuangan yang Anda gunakan.

4. Pilih Situs Belanja Online yang Tepercaya

Gunakan platform belanja online yang memang benar-benar kredibel. Jika menemukan adanya kejanggalan dari tampilan web yang dikunjungi atau nama web yang diplesetkan, sebaiknya Anda harus segera menutup laman tersebut.

5. Hindari WiFi Publik

Ruang publik biasanya menyediakan akses WiFi gratis. Namun, untuk melakukan transaksi online, sebaiknya Anda menghindari akses WiFi publik karena memiliki potensi kejahatan siber yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan akses WiFi atau data seluler pribadi.

“Jangan pernah bagikan informasi personal seperti OTP, PIN, CVV, nomor kartu, masa berlaku dan sebagainya kepada siapa pun baik melalui website, SMS, internet maupun channel lainnya selama Anda tidak menggunakan informasi itu untuk melakukan transaksi apa pun apalagi pada oknum yang tidak bisa dipercaya,” ujar Chief Operating Officer Digital Business MNC Bank Teddy Tee, Jumat (15/10/2021).

Jika ada SMS mencurigakan atau email dari pihak yang mencurigakan yang menyebut akun rekening Anda terblokir dan ada permintaan mengirimkan password, jangan panik dan gegabah. Anda bisa memastikan lebih dahulu ke call center bank penerbit mengenai SMS dan email tersebut.

Bagi pemilik kartu kredit MNC Bank, Anda bisa langsung memastikan transaksi kartu kredit Anda lewat aplikasi MotionBanking. Aplikasi MotionBanking dari MNC Bank bisa diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore lewat tautan berikut https://onelink.to/q2ss2g .



MotionBanking adalah layanan perbankan digital dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank sebagai unit usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan nasabah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai #MNCBank dan #KartuKreditMNCBank, silakan mengunjungi mncbank.co.id , menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188 serta follow IG @officialmncbank.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)