Indonesia Masih Jadi Eksportir Minyak Sawit Terbesar di Dunia

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 13:33 WIB
loading...
Indonesia Masih Jadi Eksportir Minyak Sawit Terbesar di Dunia
Pasar ekspor masih dominan menyerap produksi minyak sawit nasional. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Indonesia masih menjadi negara eksportir terbesar minyak kelapa sawit di dunia. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia ( Gapki ) mengungkap, total produksi minyak sawit tahun 2020 sekitar 47 juta ton, sebanyak 34 juta ton terserap di pasar ekspor.



"Saat ini memang sebagian besar penyerapan produk sawit terjadi di pasar internasional," ujar Ketua Bidang Komunikasi Gapki Tofan Mahdi dalam Market Review IDX Channel, Jumat (15/10/2021).

Tofan mengatakan, pemerintah sebetulnya sudah melakukan berbagai strategi agar keseimbangan antara daya serap di pasar ekspor dan pasar domestik menjadi lebih seimbang. Hal itu sudah dilaksanakan melalui program mandatori biodiesel yang sudah mencapai bauran 30%.

"Dari data yang ada, penyerapan minyak sawit di pasar domestik untuk konsumsi biodiesel mencapai 42% dari total konsumsi di pasar domestik. Jadi kita backbone-nya memang masih di pasar ekspor, tetapi kita juga meningkatkan daya serap di pasar domestik," tuturnya.

Berdasarkan data Gapki, ekspor sawit Indonesia cenderung mengalami peningkatan. Secara year-to-date (ytd), sampai Agustus 2020 ekspor minyak sawit Indonesia mencapai 21,31 juta ton. Sementara ytd Agustus 2021, ekspor minyak sawit sebesar 22,79 juta ton.



"Jadi kalau lihat data dibandingkan tahun lalu, tren ekspor masih akan terus meningkat," kata Tofan.

Dia menuturkan, hingga saat ini Indonesia masih fokus sebagai produsen sawit terbesar di dunia. Di tahun 2021, diproyeksikan produksi sawit Indonesia akan tembus 50 juta ton.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)