90% Pertemuan Batal Imbas Corona, Kemenparekraf Prioritaskan MICE di New Normal

Rabu, 03 Juni 2020 - 12:41 WIB
loading...
90% Pertemuan Batal Imbas Corona, Kemenparekraf Prioritaskan MICE di New Normal
Kemenparekraf akan mendorong MICE dalam negeri sebagai strategi peningkatan industri dalam situasi tatanan normal baru pascapandemi Covid-19. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) akan mendorong penyelenggaraan industri Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran atau MICE dalam negeri sebagai strategi peningkatan industri dalam situasi tatanan normal baru (new normal) pascapandemi Covid-19. Adapun penyelenggaraan kegiatan MICE akan memadukan antara event secara online dan offline.

Deputi Bidang Penyelenggaraan Event Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani mengatakan, industri MICE memegang peranan penting dalam pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) tanah air.

Data dari Event Industri Council pada 2018 menyebutkan, tahun 2017 industri MICE di Indonesia menghasilkan PDB total USD7,8 miliar dan menciptakan 278.000 lapangan pekerjaan.

"Wisatawan MICE memiliki tingkat rata-rata lama tinggal dan ASPA (Average Spending per Arrival) lebih tinggi dibanding wisatawan leisure. Wisatawan MICE rata-rata punya kemampuan pengeluaran USD2.000 per hari dengan rata-rata lama menginap selama lima hari," kata Rizki Handayani dalam keterangannya, Rabu (3/6/2020).

Kendati demikian, kondisi itu belakangan berubah seiring pandemi Covid-19 yang juga memukul industri MICE. Pandemi ini berdampak kuat terhadap penyesuaian dalam penyelenggaraan pertemuan internasional baik pembatalan, penundaan, perubahan lokasi, dan sebagainya. Asia Pasifik tercatat sebagai kawasan yang paling terdampak.

Data International Congress and Convention Association (ICCA) menyebutkan, hingga 6 April 2020 terjadi penyesuaian terhadap 48% pertemuan atau terhadap 1.749 pertemuan internasional yang diadakan selama periode Februari hingga Juni 2020.

Sementara di Indonesia, data dari Ivendo menyebutkan telah terjadi 96,4% penundaan dan 84,8% pembatalan event di 17 provinsi. Estimasi kerugian dari 1.218 organizers di seluruh Indonesia antara 2,7 hingga Rp6,9 triliun, serta berdampak pada total 90.000 pekerja. "Pandemi Covid-19 berdampak pada 90% pembatalan atau penundaan event sampai akhir 2020," ungkap Rizki.

Untuk itu, seiring dengan upaya pemerintah menanggulangi penyebaran Covid-19, industri diharapkan dapat bersiap dan mengantisipasi perubahan yang akan terjadi dalam penyelenggaraan MICE ke depan.

Pandemi Covid-19 benar-benar memberikan perubahan perilaku di masyarakat yang akan lebih fokus dalam memperhatikan faktor-faktor terkait kebersihan, keamanan dan kenyamanan.

Serta yang tidak kalah penting adalah terjadinya disrupsi teknologi, dimana akselerasi teknologi digital dan informasi lebih cepat dari yang seharusnya. Dimana diperkirakan nantinya akan terjadi pergeseran dari offline ke online ataupun perpaduan antara kegiatan online dan offline.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)