Sandiaga Uno: Toilet Bersih Dukung Pengembangan Pariwisata

Minggu, 17 Oktober 2021 - 13:43 WIB
Sandiaga Uno: Toilet Bersih Dukung Pengembangan Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat meresmikan revitalisasi toilet di Lembah Indah, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno hari ini menghadiri peresmian revitalisasi toilet di Lembah Indah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menparekraf memulai sambutannya dengan sebuah pantun:
Pergi Ke Malang Naik Kereta
Keretanya Bersih dan Juga Nyaman
Untuk Mendukung Revolusi Pariwisata
Revitalisasi Toilet Wisata Harus Terus Dilakukan

"Hari ini saya sangat bahagia, tersentuh, bahwa program kita yang sudah dijalankan dari awal tahun tentang Satgas Toilet Indonesia ," ujar Sandiaga Uno, Minggu (17/10/2021).

Baca Juga: Sandiaga Uno: Game Online Jadi Lokomotif Ekonomi Kreatif RI



Sandiaga mengatakan, dengan inisiatif sendiri serta kemitraan dunia usaha, toilet wisata Lembah Indah Kabupaten Malang diresmikan. Di dua titik ini, sambung dia, toilet yanga ada berbeda dengan toilet lainnya karena ramah disabilitas dan memberikan keberpihakan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Di tengah pandemi Covid-19 yang mana masyarakat amat membutuhkan kunjungan wisatawan, kata Sandiaga, inisiatif ini patut diapresiasi. Pembangunan toilet wisata yang menggunakan pendekatan humanis, karena sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2016, itu menurutnya amat penting untuk meningkatkan kesan baik pada wisatawan.
Aplikasi dari UU tersebut, kata dia, adalah akses infrastruktur yang berkeadilan untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan khususnya dari kaum disabilitas.

"Mudah-mudahan kita bisa bangkit di saat sulit, salam satu jiwa. Tadi saya sudah coba langsung menggunakan toilet yang standar dan melihat langsung yang disabilitas. Yang disabilitas ini dirancang memang jauh lebih luas agar mobilitas para penyandang disabilitas ini dapat terakomodasi terutama saat mereka harus menggunakan fasilitas mandi," ungkap Sandiaga Uno.

Sandiaga menyebut toilet di Lembah Indah ini memiliki pemandangan kelas dunia dan toiletnya berkelas internasional. "Jadi tidak usah jauh-jauh, berpartisipasi cukup di Lembah Indah Malang. Kami terus melakukan di saat yang sama secara serentak di beberapa titik di beberapa provinsi yang menjadi destinasi unggul wisata seperti di Bali, Danau Toba, Mandalika, Likupang, Labuhan Bajo, dan Borobudur juga kita sudah launching bersama-sama," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga kembali mengapresiasi partisipasi masyarakat dan Satgas Toilet Indonesia dalam mewujudkan revitalisasi toilet wisata ini. "Ini saya apresiasi. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Dan toilet yang bersih ini adalah yang terpenting," tegasnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2650 seconds (11.97#12.26)